Hujan Deras, Pohon Angsana Tumbang Tutup Jalan Raya Cirebon-Kuningan

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Utara Kabupaten Kuningan menyebabkan pohon angsana setinggi 12 meter tumbang menutup akses jalan Cirebon-Kuningan, Rabu (4/12) petang.FOTO: IST

KUNINGAN-Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Utara Kabupaten Kuningan menyebabkan pohon angsana setinggi 12 meter tumbang menutup akses jalan Cirebon-Kuningan, Rabu (4/12) petang.

Berdasarkan informasi dihimpun, peristiwa pohon tumbang di Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Hujan deras yang turun sejak pukul 16.00 WIB disertai angin kencang menyebabkan pohon angsana berdiameter 20 centimeter tersebut tumbang hingga menutup seluruh badan jalan raya penghubung Cirebon-Kuningan.

Beruntung saat kejadian pohon tumbang tersebut tidak ada kendaraan ataupun warga yang melintas di sana sehingga tidak sampai menyebabkan korban jiwa. Namun demikian, kondisi pohon yang tumbang melintang ini menyebabkan jalur tersebut tidak bisa dilalui kendaraan untuk beberapa waktu.

Kejadian tumbangnya pohon angsana tersebut pun langsung mendapat penanganan warga dan perangkat desa setempat dibantu aparat dari Polsek dan Koramil serta petugas BPBD Kabupaten Kuningan. Dengan menggunakan alat potong gergaji mesin atau chainsaw dan golok, warga bahu membahu menyingkirkan batang pohon angsana ke tepi jalan. Sekitar pukul 18.30 WIB, material pohon tumbang tersebut pun akhirnya berhasil disingkirkan petugas dan warga. Sekaligus arus lalu lintas pun kembali lancar seperti sedia kala.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengungkapkan, pihaknya telah mengerahkan tim untuk membantu proses evakuasi sekaligus melakukan asesement terhadap kejadian pohon tumbang tersebut. Agus memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan setelah mendapat penanganan warga dan aparat terkait, jalur Kuningan-Cirebon sudah kembali normal.

Alhamdulillah hanya dalam kurun waktu satu jam setelah kejadian, pohon angsana yang menutup akses jalan Cirebon-Kuningan sudah bisa teratasi. Tidak ada korban jiwa, namun ini patut menjadi perhatian bersama agar selalu hati-hati dan waspada dalam menghadapi musim penghujan ini,” ujar Agus.

Termasuk untuk warga yang berada di daerah perbukitan dan sekitar aliran sungai, Agus mengimbau untuk selalu waspada memantau kondisi lingkungannya agar terhindar dari bencana yang mengancam. “Lakukan pencegahan dini seperti menutup lubang atau retakan tanah, membesihkan aliran sungai dari sampah hingga memangkas batang pohon yang sudah rimbun dan lainnya. Jangan lupa berdoa memohon perlindungan Allah SWT semoga musim hujan tahun ini membawa berkah dan kita terhindar dari segala bencana,” ujar Agus. (fik)

Berita Terkait