Hore…. Honor Guru Madrasah Cair Minggu Ini

Silaturahmi Akbar Guru Madrasah se-Kabupaten Kuningan di Masjid Islamic Center Kuningan, Kamis (27/7). Foto: Taufik/radarcirebon.com

KUNINGAN – Kabar baik didapat para guru madrasah se-Indonesia tentang rencana pencairan dana tunjangan profesi guru (TPG) dari pemerintah pusat yang direncanakan akan turun dalam minggu ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Jawa Barat Heri Purnama MPdI saat membuka kegiatan Silaturahmi Akbar Guru Madrasah se-Kabupaten Kuningan di Masjid Islamic Center Kuningan, Kamis (27/7).

Dijelaskan Heri, adanya kabar baik tersebut menunjukkan keberhasilan para guru madrasah selama ini dalam memperjuangkan haknya menunut kehidupan dan kesejahteraan yang layak.

“Dari sekitar 4.000 lebih guru madrasah di Kabupaten Kuningan mulai dari MI, MTs hingga MA hanya sekitar 700 orang saja yang bernasib berstatus PNS. Wajar apabila kami menuntut kesetaraan kesejahteraan kepada pemerintah, dan ternyata hari ini kita mendapat kabar baik dari Kementerian Keuangan yang akan mencairkan TPG yang tertunggak selama tiga tahun dalam minggu ini,” ujar Heri yang disambut riuh tepuk tangan ribuan guru madrasah yang memenuhi masjid KIC.

Heri pun mengaku, tengah memperjuangkan kesejahteraan para guru madrasah di Kabupaten Kuningan kepada Bupati Kuningan Acep Purnama agar dianggarkan pada APBD Kuningan tahun depan. Upaya tersebut pun, kata Heri, telah mendapat respon positif dari bupati yang siap menganggarkan Rp 1 miliar untuk kesejahteraan para guru madrasah di Kabupaten Kuningan.

Tampak dalam kegiatan silaturahmi akbar para guru madrasah se-Kabupaten Kuningan tersebut dihadiri Bupati Kuningan Acep Purnama, Sekda Jabar Iwa Karniwa dan Kepala Dirjen Pendis kementerian Agama RI Nanang Faturahman serta Kepala Kemenag dan Ketua MUI Kuningan.

Dalam sambutannya, Bupati Acep mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah daerah untuk turut serta memperhatikan kesejahteraan para guru madrasah. Untuk itu, pihaknya pun akan menyanggupi permintaan tersebut dengan menganggarkannya pada APBD tahun depan.

“Saya akan berusaha berikhtiar semaksimal mungkin untuk menganggarkan Rp1 miliar pada APBD tahun depan untuk kesejahteraan para guru madrasah. Atas hal tersebut saya meminta doa kepada para guru madrasah agar Kabupaten Kuningan selalu dilimpahkan rezeki dari Allah SWT,” ujar Acep.

Acep pun menyatakan terima kasih atas kontribusi para guru madrasah sebagai pendidik telah memberikan karya nyata mencerdaskan anak bangsa. Selain memberikan ilmu pengetahuan umum, juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang agama kepada generasi muda Kuningan.

Sementara itu Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa selaku Ketua Dewan Pembina PGM Jawa Barat mengapresiasi atas niat Bupati Kuningan tersebut dan sepatutnya diikuti oleh para kepala daerah lain di Jawa Barat. (fik)

Berita Terkait