Hari Ini Sidang Perdana Kasus Korupsi Jalan Cipto

Suherman (rompi merah depan) serta Haisar Rifai (rompi merah belakang) dibawa tim Kejari Kota Cirebon menuju Rutan Klas 1 Cirebon.FOTO:NURHIDAYAT/RADAR CIREBON

CIREBON-Skandal korupsi proyek peningkatan Jl DR Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon memasuki babak baru. Kasus korupsi proyek senilai Rp10,7 miliar itu akan disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (13/11).

Berdasarkan jadwal sidang yang dimuat di laman resmi Pengadilan Negeri (PN) Bandung, sidang kedua terdakwa dijadwalkan dalam waktu berbeda. Terdakwa Suherman yang merupakan pengawas lapangan dari CV Duta Cipta akan disidangkan pada pukul 09.00. Sedangkan Haisar Rifai, terdakwa yang merupakan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang juga kepala seksi di Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Cirebon akan menjalani sidang pada pukul 11.00.

Seiring dengan akan dilaksanakan sidang perdana terhadap Haisar dan Suherman, tim Kejaksaan Negeri Kota Cirebon memindahkan penahanan terhadap keduanya dari Rutan Cirebon ke Rutan Kebonwaru Bandung pada Selasa (12/11). “Tahanan dipindah ke Rutan Kebonwaru Bandung untuk memudahkan persidangan,” ujar Koordinator Tim Penuntut Kejari Kota Cirebon Muhammad Hendra.

Sejatinya, selain Haisar dan Suherman, terdapat satu pihak lain yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia adalah Direktur Utama PT Tidar Sejahtera Sohibul Hidayat. Sohibul kini berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) setelah ia mangkir dari 3 kali panggilan yang dilayangkan jaksa penyidik. Hingga kini kejaksaan masih mencari Sohibul.

Menanggapi pelaksanaan sidang perdana tersebut, tim kuasa hukum terdakwa Haisar Rifai mengaku akan mengajukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan jaksa. Salah satu kuasa hukum Haisar, Abd Manan, menyatakan pihaknya masih meyakini jika perkara yang dihadapi kliennya bukan termasuk ranah pidana melainkan bersifat administratif. (day)

Berita Terkait