Grup Neraka Grup F: Prancis, Jerman, Portugal

Euro 2020

Proses drawing babak utama Euro 2020 berlangsung di Bucharest, Rumania.FOTO: ANDREEA ALEXANDRU/AP PHOO

BUCHAREST – Kejutan terjadi pada drawing Euro 2020 di Bucharest, 30 November 2019. Grup F jadi grup neraka pada perhelatan empat tahunan di Eropa tersebut. Grup F dihuni juara Piala Dunia 2014 Jerman, juara Piala Dunia 2018 Prancis, serta juara bertahan Euro, Portugal.

Islandia, Bulgaria, Hongaria, atau Rumania, pastinya berpikir beberapa kali! Keempat negara itu bisa saja pulang kampung lebih dulu pada babak penyisihan grup tahun depan. Sebab, keempat negara tersebut salah satunya akan mengisi slot terakhir Grup F lewat jalur play-off A.

Tiga tim raksasa yang masuk Grup F salah satunya bisa tersingkir. Atau, bisa juga melewati babak penyisihan sebagai peringkat tiga terbaik. Tapi, peringkat tiga terbaik berpeluang besar melawan tim-tim raksasa lainnya di grup lain pada babak 16 besar. Dan itu dihindari tim-tim medioker di semua kompetisi. Termasuk Euro 2020 yang akan berlangsung tahun depan.

“Ini sebuah pertanda kalau perjuangan kami harus lebih baik. Semua kontestan bagus, dan punya peluang. Kita pastinya punya plan yang sedikit berubah,” kata pelatih Jerman, Joachim Loew dikutip UEFA.com.

Yang lebih waspada tentu Prancis. Sebab, di Euro 2016, mereka kalah oleh Portugal di babak final. Prancis tentu tak mau mengalami kejadian serupa tahun depan.

“This is game. Pertandingan lebih seru dan kami banyak pekerjaan yang segera diselesaikan,” kata Didier Deschamps, pelatih Prancis.

Fernando Santos, arsitek Portugal, tidak mau jemawa meski berstatus sebagai juara bertahan. “Kami kira ini drawing yang mengejutkan semua orang. Itulah undian, semua bisa terjadi,” ungkapnya. (mid)

 

 

 

HASIL DRAWING

GRUP A
TURKI
ITALIA
WALES
SWISS

GRUP B
DENMARK
FINLANDIA
BELGIA
RUSIA

GRUP C
BELANDA
UKRAINA
AUSTRIA
PEMENANG PLAY-OFF D (Georgia, Makedonia Utara, Kosovo, atau Belarusia)

GRUP D
INGGRIS
KROASIA
PEMENANG PLAY-OFF C (Skotlandia, Norwegia, Serbia, atau Israel)
REPUBLIK CEKO

GRUP E
SPANYOL
SWEDIA
POLANDIA
PEMENANG PLAY-OFF B (Bosnia-Herzegovina, Slovakia, Irlandia, atau Irlandia Utara)

GRUP F
PEMENANG PLAY-OFF A (Islandia, Bulgaria, Hongaria, atau Rumania)
PORTUGAL
JERMAN
PRANCIS

Berita Terkait