Gempa Guncang Pakistan, 22 Orang Tewas

Pakistan1
JALAN AMBLES: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 di Provinsi Punjab, dekat kawasan Kashmir yang dikuasai Pakistan. Foto: AP/Anjum Naveed

ISLAMABAD – Sedikitnya 22 orang meninggal dan 300 lainnya terluka dalam gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 di Provinsi Punjab, dekat kawasan Kashmir yang dikuasai Pakistan. Jumlah korban jiwa cukup banyak, lantaran kedalaman pusat gempa di dekat daerah Mirpur cukup dangkal.

“Kedalaman pusat gempa 10 kilometer dan guncangan sangat terasa di Provinsi Punjab dan sebagian Khyber Pakhtunkhwa. Yang paling parah terdampak adalah kawasan Mirpur, Azad Kashmir,” kata Kepala Badan Meteorologi Pakistan, Muhammad Riaz, seperti dilansir Channel NewsAsia, Rabu (25/9).

Menteri Kashmir Pakistan, Raja Farooq Haider Khan, menyatakan sekitar 100 penduduk yang terluka sedang dirawat di Rumah Sakit Mirpur. Ia juga mengatakan, sejumlah infrastruktur juga banyak yang rusak berat.

“Sejumlah jalan di Punjab bahkan terbelah akibat gempa. Jaringan seluler hingga listrik juga terputus. Getaran gempa bahkan terasa hingga New Delhi, Haryana, dan Rajasthan, India,” sebutnya.

Dapat diketahui, Pakistan berada di wilayah pertemuan lempeng tektonik India dan Eurasian. Kawasan itu memang dikenal aktif mengalami aktivitas kegempaan yang cukup kuat.

Salah satunya tercatat pada 8 Oktober 2005. Saat itu gempa bermagnitudo 7,6 mengguncang Kashmir yang dikuasai Pakistan. Akibatnya 73 ribu orang meninggal dan membuat 3,5 juta penduduk tidak punya tempat tinggal.

Pada Oktober 2015, gempa berkekuatan 7,5 magnitudo mengguncang Pakistan dan Afghanistan. Akibat kejadian itu, sekitar 400 orang meninggal dan sejumlah bangunan rusak. (der/afp/fin)

Berita Terkait