Gardu Listrik di Depan Gedung DPRD Kuningan Sering Korsleting

Gardu-Listrik-DPRD-Kuningan-Sering-Korsleting
Kondisi gardu listrik PLN di depan gedung DPRD, tepatnya di samping pos security berada dalam kondisi berbahaya karena mengeluarkan percikan api dan suara seperti petasan. FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Gardu listrik yang berada di halaman Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, tepatnya di samping pos sekuriti kondisinya membahayakan. Betapa tidak, di atas gardu tersebut terdapat beberapa kabel yang terputus dan sangat membahayakan.

Kondisi kabel terputus tersebut, seringkali mengeluarkan percikan api beserta suara seperti petasan berukuran sedang. Termasuk saat terjadi hujan lebat, Rabu kemarin (27/11), gardu listrik tersebut mengeluarkan bunyi seperti petasan dan mengeluarklan percikan api. Kejadian ini tidak hanya sekali, melainkan berulang kali tanpa segera mendapat penanganan dari pihak PLN.

Sejumlah security yang kala itu bertugas piket, mengeluhkan kondisi gardu listrik yang membahayakan. Pasalnya, mereka pun nyaris setiap hari, bahkan saat hujan turun dan ada angin kencang, menyaksikan percikan api dan suara seperti petasan yang keluar dari gardu tersebut.

“Ini (gardu listrik, red) sudah lama terjadi, apalagi kalau turun hujan seperti sekarang (kemarin, red), mengeluarkan percikan api dan bunyi cukup keras seperti petasan,” kata Egy diiyakan sejumlah rekannya, seraya menunjukkan gardu listrik yang berbahaya itu.

Diakui Egy, kondisi gardu listrik yang bermasalah tersebut membuat para security gedung DPRD sangat khawatir, apalagi telah datangnya musim penghujan seperti saat ini. Tak hanya security, sejumlah anggota dewan pun menurut Egy, sudah mengetahui dan melihat langsung kondisi kabel dan gardu listrik yang sangat membahayakan tersebut.

”Sudah lama gardu ini terjadi seperti itu. Sudah sering juga dilaporkan ke PLN, tapi gak tahu kok masih seperti itu, belum juga dibetulkan. Pak dewan juga ada yang melihatnya,” keluhnya.

Egy berharap sebelum hal buruk terjadi akibat kondisi gardu listrik yang berbahaya tersebut, dari PLN mestinya segera memperbaiki, sehingga tidak lagi menimbulkan ketakutan. Dengan begitu, dirinya beserta security lainnya yang bertugas di DPRD dan berpos disamping Gardu tersebut, bisa tenang dalam beraktivitas sehari-hari.

“Ya mudah-mudahan cepat diperbaiki oleh PLN, jangan sampai lama dibiarkan, sudah beberapa bulan seperti ini. Biar kami juga bisa tenang dalam bertugas, tidak khawatir ada bahaya dari gardu listrik di samping pos,” harapnya.

Hingga saat ini belum ada penjelasan dari pihak PLN terkait adanya truble di gardu listrik depan gedung DPRD Kuningan itu. Pihak Sekretariat DPRD pun diminta segera menindaklanjutinya untuk berkoordinasi dengan PLN agar segera diperbaiki. (muh)

Berita Terkait