Gara-gara Bakar Sampah, Pohon Beringin Besar di TPU Cijoho Hangus

kebakaran-pohon-beringin2
Pohon beringin setinggi 15 meter di TPU Cijoho tiba-tiba terbakar hebat hingga nyaris merembet ke permukiman warga dan PAUD Budi Bakti di balik tembok TPU, Kamis (17/10) pagi. Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Sebuah pohon beringin setinggi 15 meter di TPU Cijoho tiba-tiba terbakar hebat hingga nyaris merembet ke permukiman warga dan PAUD Budi Bakti di balik tembok TPU, Kamis (17/10) pagi.

Berdasarkan informasi dihimpun, insiden kebakaran pohon beringin tersebut terjadi pada pukul 09.00 WIB. Api tiba-tiba membakar pohon beringin yang tumbuh rimbun tersebut hingga membuat panik warga sekitar.

Setelah hampir satu jam kebakaran, Ketua RT setempat Dedi Musyadi baru melaporkan kejadian kebakaran pohon beringin tersebut kepada Kantor Damkar Kuningan. Sekitar lima menit kemudian, dua regu petugas Damkar tiba di lokasi dengan satu unit kendaraan pemadam dan satu kendaraan water supply langsung melakukan upaya pemadaman.

Kondisi pohon beringin yang berusia cukup tua dan sebagian batangnya sudah kering, membuat pemadaman pun terbilang sulit dilakukan. Butuh waktu dua jam lebih untuk petugas akhirnya berhasil menjinakkan api. Beruntung api tidak sampai merembet ke bangunan rumah warga dan PAUD Budi Bakti yang jaraknya hanya beberapa meter dari pohon beringin tersebut.

Plt Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti mengatakan, penyebab kebakaran tersebut diduga akibat aktivitas warga membakar sampah di bagian bawah pohon beringin tersebut. Tanpa disadari warga, lanjut Khadafi, ternyata api telah membakar bagian tengah pohon beringin hingga akhirnya menyala seperti ini.

“Rupanya warga sudah beberapa kali melakukan pembakaran di bawah pohon beringin tersebut sehingga bagian tengah pohon beringin ini pun menjadi kering. Terakhir, warga kembali membakar sampah di sana dan ternyata menyebabkan kebakaran seluruh bagian pohon hingga menjadi arang seperti sekarang,” ujar Khadafi.

Khadafi melanjutkan, beruntung kebakaran pohon beringin di lahan pekuburan yang juga berdempetan dengan pemukiman warga tersebut tidak sampai merembet ke sekitarnya. Dia berharap, kejadian kebakaran ini menjadi pelajaran bersama untuk tidak membakar sampah sembarangan, terlebih dilakukan di bawah pohon yang dampaknya bisa menyebabkan pohon tersebut mati atau bahkan roboh menimpa rumah warga.

“Kembali kami mengimbau kepada warga Kuningan untuk berhati-hati terhadap segala potensi kebakaran dengan tidak membakar sampah sembarangan dan lainnya. Apabila ada warga yang bandel dengan sengaja melakukan pembakaran lahan atau hutan, jangan segan untuk lapor kepada pihak berwajib agar ada efek jera,” tegas Khadafi. (fik)

Berita Terkait