Gandeng Organisasi Kepemudaan Perangi Narkoba

BERANTAS NARKOBA: Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg pose bersama peserta sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, Selasa (29/10).FOTO: ILMI YANFA UNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON – Kasus narkoba di Kabupaten Cirebon terbilang cukup tinggi. Untuk itu, pemkab melakukan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba kepada organisasi kepemudaan dan juga masyarakat luas, Selasa (29/10).

“Kalau kita lihat, kayaknya sering ya orang mabuk (narkoba, miras, red) paling gagah-gagahan,” beber Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg.

Dia menyampaikan, saat ini penyalahgunaan narkoba sudah membuat resah masyarakat luas, bukan hanya penggunanya saja. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh generasi muda untuk bersama-sama memerangi narkoba di Kabupaten Cirebon.

“Ayo kita berantas bersama soal narkoba ini. Karena pemerintah saja nggak cukup karena peredaran narkoba ini masif kita sadari dalam memutuskan mata rantai peredaran narkoba dirasa sulit jika tanpa peran aktif masyarakat. Mengingat, dalam peredaran narkoba selalu mencari celah kelemahan dari aparat, ditambah dengan banyaknya modus baru. Jadi, peran aktif masyarakat memang sangat diperlukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Cirebon, Sudarjo Adam mengatakan, acara ini untuk memfasilitasi dan membangun sinergitas  antar Organisasi Kemasyarakatan Pemuda di wilayahnya untuk berperan aktif dalam pencegahan peredaran narkoba. “Sosialisasi dan pencerahan melalui informasi diberikan kepada para peserta yang merupakan pemuda, perihal dampak dan hukum penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

Pihaknya juga mendorong ormas, pemuda dalam pencegahan agar bisa lebih dipahami oleh generasi muda. Kegiatan ini diikuti sejumlah perwakilan ormas dan unsur kepemudaan dengan total 125 orang. Pihaknya mendatangkan narasumber pihak Polres, Dinkes, BNK, Pegiat Narkoba Lapas Gintung.

Menurut Sudarjo, para narasumber satu persatu memberikan pengarahan dan sosialisasi perihal situasi kasus narkoba di Kabupaten Cirebon dan perspektif dari sisi undang-undang tentang kesehatan, hukum dampak dari penyalahgunaannya. “Semoga para peserta bisa mengetuktularkan kepada kaum muda lainnya. Sehingga, sosialisasi ini bisa bermanfaat lebih luas,” tuturnya. (den)

 

Berita Terkait