Finlandia Lolos ke Euro setelah Penantian 111 Tahun

Kualifikasi Euro 2020

Teemu Pukki (kanan) mencetak brace alias dua gol saat Finlandia menjamu Liechtenstein di Helsinki, Sabtu pagi WIB (16/11).FOTO: Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP

HELSINKI – Hari ini, Sabtu (16/11), adalah hari yang tak akan dilupakan penduduk Finlandia. Ya, negara bersalju itu menciptakan sejarah baru setelah mengalahkan Liechtenstein dalam lanjutan matchday kesembilan babak kualifikasi Euro 2020 di Grup J. Menjamu Liechtenstein di Stadion Sonera, Helsinki, Finlandia menang dengan skor 3-0.

Jasse Tuominen membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-21. Disusul dengan brace Teemu Pukki pada menit 64 dari titik penalti, serta di menit 75.

Dari kemenangan tersebut, Finlandia berhasil memastikan diri tampil pada putaran final Euro 2020. Pasukan Markku Kanerva ada di peringkat kedua klasemen sementara Grup J dengan 18 poin. Dengan sisa satu laga lagi, Finlandia tak akan terkejar oleh tim peringkat ketiga, Yunani, yang baru mengumpulkan 11 poin. Lolosnya Finlandia, merupakan yang pertama sejak didirikan pada 1907, atau sejak menjadi anggota FIFA pada 1908, atau 111 tahun penantian.

Sementara itu, pemuncak klasemen ditempati Italia yang menang 3-0 atas Bosnia Herzegovina pada matchday kesembilan, di hari yang sama.

Perdana Menteri Finlandia, Antti Rinne, langsung menyambut dengan suka cita sejarah baru ini. “Sebuah penampilan yang luar biasa. Selamat dan terima kasih! Oh Finlandia, oh Finlandia, oh Finlandia, akhirnya sepak bola laki-laki tampil di turnamen (antarnegara),” tulis Antti Rinne dalam akun Twitter-nya, dikutip Kompas.com.

Lolosnya Finlandia, menggenapi 12 negara yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020. Negara-negara yang sudah lolos yakni:

1.Belgia

2.Italia

3.Rusia

4.Polandia

5.Ukraina

6.Spanyol

7.Turki

8.Prancis

9.Inggris

10.Republik Ceko

11.Finlandia

12.Swedia

(mid)

Berita Terkait