Finishing Alun-alun Kejaksan Dianggarkan Rp19 Miliar

Perkembangan pembangunan area basement dan pembangunan micro library di atasnya, Selasa (12/11).FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Proyek revitalisasi Alun-alun Kejaksan sedang dikebut pekerjaannya oleh kontraktor PT Cipta Inti Sejati. Hal ini ntuk mengejar tenggat waktu penyelesaian pada akhir Bulan Desember 2019.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon Syahroni ATD MT menjelaskan, dari laporan yang diterima progres proyek tersebut pada pertengahan November ini sudah mencapai 85 persen. Jelang tenggat waktu, pihaknya akan intens untuk melakukan pengawasan.

Sementara untuk anggaran dari bantuan Pemprov Jabar senilai Rp30 miliar, diakuinya belum secara keseluruhan menyelesaikan revitalisasi alun-alun. Artinya anggaran tersebut untuk membangun bagian-bagian yang vital atau penting sampai akhir tahap pertama Desember nanti.

“Sampai sekarang sudah 85 persen, diperkirakan Desember selesai tapi belum termasuk finishing-nya.  Sedangkan untuk finishing dan detail alun-alun lainnya dilakukan pada tahun depan. Dan itu dibutuhkan anggaran lagi,” ucapnya.

Disebutkannya, anggaran yang dibutuhkan untuk finishing senilai Rp19 miliar, dan ini sudah masuk kedalam APBD 2020. Sampai saat ini proses pengerjaan sudah sampai pada pembangunan basement, selter untuk PKL, ruang informasi dan perpustakaan.

Sedangkan yang lainnya tengah dalam proses pengerjaan. Sampai dengan diresmikan oleh Gubernur Jabar pada 15 Desember target progres mencapai 90 persen. Gubernur rencananya akan me-launching alun-alun, setelah itu pengerjaan akan kembali diteruskan.

Dalam progres Desember itu, alun-alun sudah bisa dipergunakan untuk kegiatan upacara kenegaraan atau seremonial lainnya. Untuk fasilitas lainnya belum bisa dipergunakan karena belum finishing.

“Desember nanti, belum bisa digunakan secara maksimal. Baru setelah selesai finishing Tahun 2020, Alun-alun Kejaksan sudah berfungsi secara penuh untuk berbagai kegiatan pemerintahan dan dimanfaatkan untuk masyarakat,” tandasnya. (gus)

Berita Terkait