Embarkasi Haji Pasti di Indramayu, Taufik Optimistis Pembangunan Mulai Digarap 2020

bijb kertajati
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Foto: Radar Cirebon

INDRAMAYU – Polemik tentang lokasi pembangunan embarkasi haji tidak perlu diperdebatkan lagi. Karena lokasi pembangunan embarkasi haji sudah pasti di Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), saat melakukan kunjungan ke Indramayu dalam rangka gelaran Riksa Budaya Jawa Barat, di Desa Juntikebon, Kecamatan Juntinyuat, Rabu (11/12).

“Untuk lokasi embarkasi haji sudah diputuskan di Indramayu, dan tidak usah ditanyakan lagi. Itu kan sudah diputuskan Kementerian Agama,” kata Ridwan Kamil.

Dikatakan gubernur yang akrab disapa RK ini, selain sudah ada MoU antara Pemkab Indramayu dengan Kementerian Agama terkait hibah tanah untuk embarkasi, lokasi di Indramayu juga sudah tepat untuk pemerataan pembangunan.

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, juga kembali menegaskan bahwa Pemkab Indramayu sudah menghibahkan tanah kepada Kementerian Agama untuk lokasi pembangunan embarkasi haji. Menurutnya, jarak embarkasi haji ke Bandara Kertajati Majalengka juga tidak jauh, karena bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

“Kalau ada yang masih meributkan masalah lokasi pembangunan embarkasi haji, berarti orang tersebut tidak mengikuti perkembangan,” tegasnya.

Taufik juga optimistis pembangunan embarkasi haji akan bisa dimulai awal tahun 2020. Yaitu diawali dengan pekerjaan pendahuluan berupa pemagaran lokasi proyek dan pengurugan.

“Insya Allah, awal tahun sudah dilakukan pengurugan dan pemagaran,” tuturnya.

Seperti diberitakan, masalah pembangunan embarkasi sempat kembali menjadi polemik, setelah salah seorang anggota DPR RI asal Kabupaten Majalengka, KH Maman Imanul Haq, menyatakan ingin memindahkan lokasi pembangunan embarkasi ke Majalengka. Alasannya, Majalengka lebih dekat.

Pernyataan tersebut dinilai terlambat. Karena Pemkab Indramayu sudah memberikan hibah tanah kepada pihak Kementerian Agama RI, dan lokasi pembangunan embarkasi sudah disepakati di Kabupaten Indramayu. (oet)

Berita Terkait