Dua Rumah Terduga Teroris JAD Digeledah Densus 88 dan Polres Ciko

CIREBON-Perburuan terhadap terduga teroris jaringan JAD Cirebon terus dilakukan Tim Densus 88 bersama Polres Cirebon Kota (Ciko).

Jumat pagi (18/10), penggeledahan pertama di rumah terduga berinisial A di Jl Suratno, RT 2 RW 3, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Terduga A berprofesi sebagai suplayer makanan kering ke pasar-pasar. Terduga A ditangkap di sekitar rumahnya, Kamis siang (17/10).

Di rumah ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti buku-buku jihad, bahan-bahan cairan diduga berbahaya, senjata tajam, busur panah beserta anak panahnya, pipa paralon, kelereng, dan perkakas perbengkelan.

Usai di Jl Suratno, penggeledahan berlanjut ke Desa Sutawinangun, RT 03 RW 01, Blok Pecilon Dukuh, Kecamatan Kedawung. Di sini petugas juga menggeledah sebuah rumah yang pernah di tempati atau nge-kos terduga O yang ditangkap Densus di Bandung.

Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Roland Ronaldy mengatakan, terduga A dan O merupakan anggota jaringan teroris JAD.

” Untuk terduga A ditangkap di Jl Suratno atau di sekitar rumahnya. Tadi kami mengamankan barang bukti senjata tajam, buku-buku Jihad, busur beserta anak panahnya, katapel dan bahan-bahan yang diduga berbahaya. Kemudian terduga O ditangkap di Bandung. Karena terduga O pernah nge-kos di Sutawinangun, maka itu kami langsung lakukan penggeledahan. Kami masih mempelajari barang-barang bukti yang kami amankan,” kata mantan penyidik KPK ini.

Dijelaskan AKBP Roland, satu terduga lagi yang ditangkap yakni berinisial W. ” Terduga W ditangkap di pintu keluar Toserba Asia Kota Cirebon. Usai salat Jumat, kami akan melakukan penggeledahan ke rumahnya di daerah Tengah Tani, Kabupten Cirebon,” jelasnya. (rdh)

Berita Terkait