DPRD Majalengka Dorong Pembahasan Kenaikan Iuran BPJS

BPJS-KESEHATAN
Ilustrasi. Foto: Dok. radarcirebon.com

MAJALENGKA – Rencana kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjadi perhatian Ketua komisi IV DPRD kabupaten Majalengka, Hanurajasa Tatang Riana. Ia mengatakan, seharusnya eksekutif melakukan upaya koordinasi untuk menyuarakan persoalan tersebut.

Mengingat, kenaikan iuran BPJS ini cukup tinggi dan akan berpengaruh pada masyarakat. Untuk itu, lanjut dia, penguatan forum antar daerah perlu dilakukan.

“Penguatan ini untuk membicarakan atau menyuarakan hal-hal krusial. Termasuk mengenai kenaikan iuran BPJS kesehatan yang naik 100 persen,” tegas Tatang, kemarin.

Pria yang akrab di sapa Jejem ini mengatakan, meski kenaikan iuran BPJS adalah keputusan pemerintah pusat, namun daerah memiliki hak untuk menyuarakan pendapat. Eksekutif melalui forum DPRD bisa menyampaikan respons terkait kebijakan tersebut.

“Selama ini kan tidak ada jaminan layanan akan lebih baik. seperti itu. Sementara iuran naik cukup signifikan,” katanya.

Politisi PAN asal Kecamatan Leuwimunding ini sepakat dengan kritikan yang dilontarkan anggota DPR RI, Ribka Tjiptaning. Yang menjadi permasalahan, kata dia, bukanlah gotong royong untuk urusan kesehatan. Mengingat kesehatan itu adalah amanat dari Undang-undang. (ono)

Berita Terkait