DPMD Kabupaten Cirebon Pastikan Logistik Pilwu Aman

KamPANYE-PILWU
Ribuan massa pendukung Andi Subandi setia mengiringi pelaksanaan tahapan kampanye di Desa Gebang Kulon. FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Menjelang hari pelaksanaan pilwu serentak pada Minggu (27/10) mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon memastikan semua logistik pilwu aman. Plt Sekretaris DPMD Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan, persiapan pelaksanaan pilwu serentak sudah rampung.

“Jelang hari H, semuanya sudah siap dilaksanakan,” ujarnya, kemarin.

Untuk memantau persiapan jelang pelaksanaan pilwu, pihaknya membuat tim yang akan melakukan monitoring secara khusus untuk pengecekan. Tim monitoring sangat diperlukan untuk melihat kesiapan masing-masing desa. Sehingga, ketika ada desa yang mengalami kekurangan dalam pelaksanaan pilwu, mudah terkontrol.

“Itu kami bagi ke 11 tim untuk H-1 keliling melihat kesiapan di masing-masing desa, terkait kelengkapan-kelengkapan. Baik itu TPS, bilik suara, surat suara,” ungkapnya.

Monitoring juga akan dilaksanakan saat pelaksanaan pencoblosan pilwu serentak. Dan di hari H nanti, monitoring juga untuk mengawal proses pemungutan suara, perhitungan suara, agar berjalan dengan lancar.

Selain itu, untuk logistik termasuk surat suara, setiap desa pengadaannya harus lebih sekitar lima persen dari DPT yang ada di masing-masing desa. “Di regulasinya, pengadaan surat suara itu dilebihkan 5 persen dari DPT yang sudah ditetapkan. Biasanya juga dari percetakan akan menambahkan sper manakala ada cacat cetak, kelipet, agak robek atau rusak. Biasanya disiapkan oleh percetakan di samping ada akres 5 persen. Perbup nomor 21 tahun 2019,” ucapnya.

JANJIKAN PERUBAHAN

Sementara, calon kuwu nomor urut 3 Desa Gebang Kulon, Andi Subandi menjanjikan perubahan Desa Gebang Kulon yang maju, baik dari sisi pembangunan infrastruktur, ekonomi dan pengembangan SDM.

Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan tahapan kampanye dan sosialisasi di depan ribuan pendukungnya. Menurutnya, setiap putera daerah pasti berharap bisa memberikan kontribusi untuk tanah kelahirannya. Semangat itulah yang mendorong dirinya untuk maju dalam bursa Pilwu Desa Gebang Kulon.

“Tentu kita semua ingin melihat Gebang Kulon maju, mandiri dan bisa bersaing dengan desa-desa lainnya di Kabupaten Cirebon dalam banyak hal. Mulai dari pembangunan infrastruktur, pembeedayaan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM masyarakat. Itulah yang ingin saya wujudkan jika terpilih menjadi kuwu nanti,” ujarnya.

Andi berharap pilwu kali ini bisa menjadi perekat bagi masyarakat Gebang Kulon untuk bersama-sama dengan gerbong perubahan untuk membangun tanah kelahiran.

“Untuk seluruh masyarakat, terima kasih atas dukungannya selama ini. Mudah-mudahan jadi energi positif untuk sampai ke puncak tahapan pilwu serentak. Selain itu, yang terpenting jaga terus silaturahmi dengan siapapun. Jangan terpecah dan pastikan perubahan ini akan membawa manfaat untuk masyarakat Gebang Kulon,” imbuhnya.

Tokoh pemuda Desa Gebang Kulon, Haidar kepada Radar menuturkan, Andi Subandi adalah representasi anak muda yang diharapkan mampu membawa perubahan positif untuk Desa Gebang Kulon. Melihat kapabilitas dan figur Andi, pihaknya yakin jika nanti akan punya kiprah besar dan membawa perubahan besar untuk Gebang Kulon. (den/dri)

Berita Terkait