Dilantik Lagi, Jabatan Pj Sekda Diperpanjang

Ilustrasi- kusri jabatan Sekda
Ilustrasi- kusri jabatan Sekda

CIREBON-Masih belum rampungnya proses administrasi pengajuan open bidding untuk Sekretaris Daerah (Sekda), membuat jabatan tersebut belum terisi pejabat definitif. Posisi penjabat (pj) sekda bakal diperpanjang dan dilantik kembali untuk periode kedua.

Sesuai Peraturan Presiden 3/2018 tentang penjabat sekretaris daerah, posisi pj dapat diperpanjang tiga bulan lagi bila belum ada sekda definitif. Bila sebelum itu sudah ada yang definitif, harus diserahkan. Tapi bila belum juga ada sekda definitif, bisa diperpanjang tiga bulan lagi. “Kami sudah mengajukan surat rekomendasi untuk menggelar open bidding sekda. Tapi sampai saat ini prosesnya belum rampung juga,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) tersebut menambahkan, masa jabatan pj sekda berakhir di pertengahan November ini. Untuk itu, pihaknya sudah mengajukan perpanjangan penjabat sekda seminggu sebelum masa jabatannya habis. Dalam prosesnya harus mengajukan permohonan lagi ke Gubernur Jawa Barat sebagai perwakilan pemerintah pusat.

Karena yang mempunyai kewenangan untuk mengangkatnya adalah gubernur.  Sejauh ini, permohonan perpanjangan tersebut sudah ditandatangani, artinya disetujui oleh gubernur. Sehingga walikota bisa melantik lagi penjabat sekda, untuk melaksanakan tugas sampai ada sekda definitif.

Terkait apakah penjabat sekda tersebut merupakan penjabat sebelumnya? Anwar membenarkannya. Jadi penjabat sekda yang dilantik adalah sama dengan penjabat sebelumnya, dengan perpanjangan jabatan selama tiga bulan terhitung mulai tanggal pelantikannya. “Iya dari protokoler, saya penjabat sekda yang berakhir masa jabatannya, mendapatkan undangan untuk dilantik lagi sebagai penjabat sekda,” ucapnya. (gus)

Berita Terkait