Diduga Korsleting, Rumah Warga Desa Tajurbuntu Terbakar

Akibat korsleting listrik, rumah milik keluarga Owi (46) warga Blok Bumi Wangi, Desa Tajurbuntu Kecamatan Pancalang, Senin (21/10) sekitar pukul 11.00 WIB, terbakar.FOTO:M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Musibah kebakaran akibat korsleting listrik menimpa rumah milik keluarga Owi (46) warga Blok Bumi Wangi, Desa Tajurbuntu Kecamatan Pancalang, Senin  (21/10) sekitar pukul 11.00 WIB.

Berdasarkan informasi dihimpun, musibah kebakaran terjadi saat rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal seluruh penghuninya bersawah. Dua petugas Damkar Dayat Hidayat dan M Solih yang saat kejadian kebetulan tengah bertugas di wilayah Pancalang menerima laporan kejadian kebakaran langsung meneruskannya ke Kantor Damkar yang langsung direspons cepat mengirimkan bantuan satu unit kendaraan Damkar ke lokasi kejadian.

Keberadaan lokasi kebakaran yang terbilang cukup jauh menyebabkan kendaraan pemadam baru tiba di lokasi sekitar 25 menit setelah menerima laporan. Berkat kesigapan petugas dibantu warga setempat, akhirnya upaya pemadaman pun membahkan hasil. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.10 WIB dengan menyisakan sejumlah ruangan dan perabotan berhasil terselamatkan tidak ikut terbakar.

Alhamdulillah kebakaran bisa cepat teratasi sehingga hanya bagian atap rumah yang rusak dan sejumlah perabotan ikut terbakar. Dari perkiraan kami, kebakaran tersebut akibat korsleting listrik di salah satu kamar,” ujar Plt Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti kepada Radar Kuningan.

Akibat kebakaran tersebut, pemilik rumah harus mengalami kerugian materil mencapai Rp67,5 juta. Atas kejadian tersebut, pemilik rumah pun harus mengungsi sementara ke rumah tetangganya hingga beberapa hari ke depan.

“Kejadian ini patut menjadi perhatian bersama untuk selalu mengontrol instalasi listrik di rumah agar dipastikan dalam kondisi aman. Selain itu untuk pemerintahan desa dapat menyediakan sarana dan prasarana pencegahan kebakaran seperti APAR (alat pemadam api ringan) , hydran, torn air yang di tempatkan di masing-masing dusun/Rt/Rw sebagai pencegahan awal terjadinya bahaya kebakaran,” ungkap Khadafi. (fik)

Berita Terkait