Didi Sutadi, Calon Kuwu Desa Dompyong Wetan Siap Lanjutkan Proker 2020

Calon-Kuwu-Dompyong-Wetan
Calon Kuwu Desa Dompyong Wetan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Didi Sutadi (pakai peci) saat kampanye dengan pendukungnya pada hari Senin, 21 Oktober 2019 lalu. Foto: Istimewa

CIREBON – Belum juga pelaksanaan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2019, Didi Sutadi rupanya sudah merencanakan berbagai program kerja (proker) tahun 2020. Ya, calon kuwu nomor urut 3 Desa Dompyong Wetan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, itu sudah merilis proker tahun depan.

Kepada RadarCirebon.com, Kamis (24/10). Calon kuwu yang memiliki jargon “Jadi” (Jayana Didi Sutadi) tersebut memaparkan proker dengan penuh semangat. Ada empat poin proker tahun 2020 yang sudah jadi agenda Didi jika nanti dirinya terpilih lagi menjadi kuwu Desa Dompyong Wetan.

Pertama, bidang penyelenggaraan pemerintah, yaitu dengan melakukan reformasi birokrasi perangkat desa dalam pelayanan publik. Kedua, di bidang pembangunan. Yaitu, pengecoran sarana jalan lingkungan Dusun 03 RT 021 hingga RT 022, pembangunan saluran pembuangan air limbah (SPAL) dan tembok penahan tebing (TPT) lingkungan permukiman, serta penambahan titik penerangan jalan desa.

Ketiga adalah bidang pembinaan masyarakat. Yakni, pembinaan, restrukturisasi karang taruna dan peningkatan anggaran kegiatan karang taruna, kegiatan pelatihan kepemudaan dan olahraga, pembinaan keamanan dan ketertiban melalui Linmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta sapa warga RT/RW.

Yang keempat, bidang pemberdayaan. Yaitu merestrukturisasi dan penanganan BUMDes oleh SDM yang professional, penyediaan penyertaan modal melalui BUMDes dan unitnya, serta peningkatan kapasitas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).

“Apa yang saya sebutkan tadi, itu disesuaikan dengan review RPJMDes (rencana pembangunan jangka menengah desa) dan hasil Musrenbangdes (musyawarah rencana pembangunan desa). Juga berdasarkan perankingan skala prioritas serta kemampuan APBDes-nya,” kata Didi.

Didi yang juga calon incumbent menjelaskan capaian Desa Dompyong Wetan yang direalisasi pada tahun 2018 hingga 2019. Pertama, penyelenggaraan pemerintahan meliputi gaji/siltap (penghasilan tetap) kuwu dan perangkat desa setara golongan II-A melalui rekening dan ATM Bank bjb, BPJS Kesehatan kuwu dan perangkat desa, dan 100 persen lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kedua, bidang pembangunan kantor desa, lapangan futsal dan voli dengan melakukan penghotmikan gang dan jalan di Dusun 01 dan Dusun 02. Lalu, memasang penerangan jalan umum (PJU), serta membangun tembok penahan tanah (TPT) jalan kabupaten jalur Dusun 01.

Selanjutnya adalah di bidang pembinaan, yaitu meningkatkan kapasitas kegiatan karang taruna, PKK, posyandu. Keempat, di bidang pemberdayaan yaitu meningkatkan peningkatan kapasitas, guru honorer, posyandu, PKK, serta meningkatkan produktivitas BUMDes.

“Sudah saatnya proker yang disepakati pada musrenbang 2019 dilaksanakan tahun depan. Dan saya siap melanjutkannya,” kata dia. (rls)

Berita Terkait