Depo Arsip Kota Cirebon Rehab Gedung Lama, Berencana Buat Diorama

ILUSTRASI

CIREBON–Depo Arsip Kota Cirebon tengah mempersiapkan sarana dan prasarana yang lebih baik. Termasuk untuk pelayanan penyimpanan arsip yang lebih layak dan aman.

Rehabilitasi gedung lama tengah dilakukan dengan terget 90 hari kerja. Ke depannya, ruang Depo Arsip direncanakan dibangun dua antai sesuai dengan standar Arsip Nasional. Penataan ini dilakukan guna memudahkan pencarian ketika diperlukan.

Arsiparis Kota Cirebon, Wawan Hermawan mengakatan, pembangunan Depo Arsip dua lantai direncanakan tahun dengan. Termasuk dengan realisasi pendirian Museum Diorama. Rencana konsep untuk mendirikan Museum Diorama itu sudah sejak lama. Tepatnya sejak tahun 2010.

“Sebetulnya sudah dari tahun 2010 sudah direncanakan. Bahkan sebelum Museum Purwokerto itu jadi, mereka studi bandingnya itu ke sini. Tapi kita yang malah belum membuatnya,” katanya kepada Radar Cirebon.

Rencana tersebut diharap bisa segera direalisasikan. Konsep Museum Diorama punya potensi besar untuk pariwisata di Kota Cirebon. Sebab, konsep yang sudah dibuat memang tujuannya menarik minat wisatawan. Khususnya bagi yang ingin mengenal sejarah Cirebon lebih dekat.

Rencananya Museum Diorama akan disebut Lampahing Cirebon atau Perjalanan Cirebon. “Isinya tentang sejarah Kota Cirebon. Sehingga pengunjung yang datang bisa mengenal Kota Cirebon lebih jelas,” ungkapnya.

Nantinya, arsip-arsip tersebut akan ‘hidup’. Yakni berbentuk diorama langsung yang bisa menggambarkan situasi era dulu sesuai dengan yang dikisahkan. (myg)

Berita Terkait