Data Statistik Kata dalam Pidato Kenegaraan Jokowi, Ada yang Absen

Jokowi-menyampaikan-pidato-di-hadapan-anggota-parlemen-dan-tamu-undangan
Jokowi menyampaikan pidato di hadapan anggota parlemen dan tamu undangan.FOTO: AP

JOKO Widodo telah resmi dilantik sebagai presiden RI kedua kalinya, Minggu (20/10). Pelantikan berlangsung aman dan lancar, meski molor satu jam dari jadwal.

Selain anggota DPR, kolega, kerabat, sejumlah tamu undangan dari berbagai perwakilan negara sahabat hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden, kemarin. Lawan politik dalam pilpres; Prabowo Subianto dan Sandiago Uno, juga tampak hadir dalam pelantikan kemarin.

Usai dilantik, Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan di hadapan para hadirin di Senayan yang juga disiarkan secara langsung lewat stasiun TVRI maupun televisi nasional lainnya. Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan sejumlah program kerja dan target selama lima tahun ke depan.

Baca: 

Ini Naskah Lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Usai Dilantik

Berikut data statistik kata (word count) yang sering disebut dan yang absen dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi kemarin;

Pembangunan: 4 x disebut
Ekonomi: 4 x
Lapangan Kerja: 4 x
Revisi: 3
Produktif : 3
Target: 3
Transformasi: 2
Menghambat: 2
Infrastruktur: 2
Inovasi: 2
Demokrasi: 0
Korupsi: 0
Hak Asasi: 0
HAM: 0

Berdasarkan word count tersebut, target Jokowi dalam lima tahun ke depan kepemimpinannya bakal lebih banyak menitikberatkan proyeksi pembangunan dan ekonomi. Namun, terkait demokrasi, korupsi, hak asasi manusia, Jokowi absen disampaikan dalam pidato kemarin. (hsn)

Berita Terkait