Dana APBD Rp3,8 M untuk Renovasi Masjid Agung Sumber

Masjid Agung
Pemkab Cirebon akan melakukan renovasi bangunan utama Masjid Agung Sumber seiring dengan rencana pembangunan Lapangan Pataraksa.FOTO:DENY HAMDANI/RADAR CIREBON

CIREBON-Lapangan Pataraksa akan dibenahi dan dibangun tahun 2020 ini. Begitupun dengan Masjid Agung Sumber akan ikut direnovasi. Berbeda dengan taman pataraksa yang akan disulap jadi alun-alun dengan memakai anggaran Provinsi Jawa Barat, untuk renovasi Masjid Agung Sumber ini menggunakan dana hibah APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp3,8 miliar.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Cirebon Sudarjo Adam kepada Radar Cirebon memastikan, tahun 2020 ini Masjid Agung Sumber akan dilakukan renovasi. “Ya tahun ini Masjid Agung Sumber akan direnovasi,” ujarnya.

Sudarjo mengakui, renovasi Masjid Agung Sumber berkaitan dengan pembangunan dan renovasi Alun-alun Pataraksa yang tepat berada di depan Masjid Agung Sumber. “Ya masa Lapangan Pataraksa direnovasi masa Masjid Agung tidak. Bagaimanapun harus mengikuti agar bisa disesuaikan dengan alun-alun,” tuturnya.

Sudarjo menjelaskan, renovasi masjid tidak fokus kepada menara dahulu untuk tahun ini. “Jadi tahun ini renovasi bukan pada menaranya dulu, tetapi untuk bangunan inti masjid dulu yang akan direnovasi,” ungkapnya.

Diakuinya, renovasi masjid tidak dilakukan secara total karena akan membutuhkan anggaran yang cukup besar. “Renovasi ini akan disesuaikan dengan anggaran yang ada dan bisa mengikuti renovasi Alun-alun Pataraksa,” ujarnya sambil mengatakan anggaran renovasi berasal dari APBD Kabupaten Cirebon.

Sudarjo mengaku, pihaknya belum mengetahui secara pasti anggaran renovasi Masjid Agung Sumber. “Jadi pengurus DKM itu mengajukan anggaran Rp3,8 miliar kepada pemda. Saya belum tahu pastinya akan dapat anggaran berapa, namun yang jelas renovasi akan dilaksanakan di tahun 2020 ini,” pungkasnya. (den)

Berita Terkait