Claudia Sosok yang Tekun, Tak Pernah Rewel saat Ikut Lomba

Christine Gunawan (kiri), ibunda Claudia Emmanuela Santoso ketika masih di Cirebon, belum lama ini. Saat ini Christine berada di Jerman mendampingi Claudia setelah memenangkan The Voice of Germany 2019.FOTO:ADE GOESTIANA-ANDRE KOWALSKI/PROSIEBENSAT1

CIREBON-Claudia Emmanuela Santoso tengah naik daun. Hal kecil menyangkut gadis 19 tahun ini menjadi menarik untuk diperbincangkan. Di balik capaiannya, Claudia hanya anak dari ibu penjual kentang goreng. Keluarga menolak disebut sebagai orang kaya.

Christine Gunawan (47), ibunda Claudia, menegaskan bahwa ia hanya seorang penjual kentang. Sementara Indra Gunawan Santoso (47), ayah Claudia, adalah seorang pelaut. Berlayar mengelilingi samudera sudah biasa dilakukan. Tapi ayah Claudia ini memang seperti luput dari bahan pemberitaan. “Saya cuma cukup makan, cukup sandang (emoji tertawa, red),” tulis Christine melalui pesan WhatsApp kepada Radar Cirebon, Selasa (12/11).

Adapun bisa menempuh perguruan tinggi di Jerman, Christine menyampaikan bahwa pendidikan di sana tidak memerlukan biaya yang mahal seperti yang banyak orang sangka. “Kuliah di Jerman itu tidak mahal. Karena sekolah milik pemerintah, sehingga murah. Kalau sekolah swasta saya tidak mampu,” imbuh Christine.

Melalui wartawan Radar Cirebon, Christine yang saat ini masih ada di Jerman mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang mendukung karir Claudia. Perasaan gembira sulit digambarkan, menyadari putri sulungnya bisa mengharumkan dan membawa nama baik Indonesia.

“Semoga apa yang dilakukan Claudia bisa menginspirasi mereka yang memiliki bakat sebagai pengganti Claudia di kancah internasional. Saya di Jerman merasa bangga disebut sebagai orang Indonesia. Terima kasih untuk semua apresiasi masyarakat kepada Claudia,” tandas Christine.

Halaman: 1 2 3

Berita Terkait