CEF 2019, KPw BI Cirebon Promosi dan Perluas Produk UMKM Ciayumajakuning

TALKSHOW: Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Sudono memaparkan persiapan CEF 2019 pada talkshow di RCTV, kemarin (6/9). FOTO: KPW BI CIREBON FOR RADAR CIREBON
TALKSHOW: Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Sudono memaparkan persiapan CEF 2019 pada talkshow di RCTV, kemarin (6/9).FOTO: KPW BI CIREBON FOR RADAR CIREBON

CIREBON – Salah satu penyelamat perekonomian Indonesia adalah keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Adanya UMKM menjadi salah satu tulang punggung Indonesia dalam menghadapi gejolak perekonomian di Indonesia.

Untuk itu, hari ini (7/9), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menggelar Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) 2019 guna mempromosikan dan memperluas produk UMKM binaan KPw BI atau yang biasa disebut dengan Wirausaha BI (WuBI).

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI CIrebon, Sudono mengungkapkan, kegiatan CEF ini sudah digelar selama empat tahun bertutur-turut sejak tahun 2016 dengan tema berbeda. Sebelumnya, kegiatan masih berfokus untuk mempromosikan produk WuBI pada masyarakat Ciayumajakuning. Kemudian di tahun 2018, CEF berfokus pada business matching, yakni mempertemukan para WuBI dengan buyer potensial dari kota besar. Dan tahun ini, dengan mengambil tema “Produk Lokal Rasa Internasional”. Pihaknya mencoba kurasi produk WuBI dengan ahli kurasi.

“Tujuannya, mengakurasi produk Ciayumajakuning manakah yang layak diekspor? Ternyata dari 45 produk, 25 di antaranya dinyatakan layak ekspor,” tuturnya.

Langkah selanjutnya, setelah dinyatakan layak diharapkan ada kerja sama antara KPw BI Cirebon dan pemerintah daerah melalui dinas terkait agar UMKM tersebut siap ekspor. Karena, untuk dapat memiliki pangsa ekspor, tentu para UMKM harus memiliki pengalaman dan persiapan.

“Jangan sampai setelah dinyatakan layak ekspor, mereka malah kewalahan dan tak bisa menyanggupi permintaan pasar,” ungkapnya.

Dalam gelaran CEF 2019 yang dibuka pada hari ini (7/9), hadir sebanyak 91 UMKM yang terdiri dari 70 WuBI dan 21 UMKM binaan perbankan dan dinas di seluruh Ciayumajakuning. Berbagai produk UMKM tersebut akan dihadirkan dan pembayaran dilakukan dengan sistem GNNT.

Akan ada pula sosialisasi mengenai QRIS. Dan tentunya, berbagai kegiatan lomba yang melibatkan masyarakat, pelajar, dan ibu-ibu PKK digelar. “Kami juga menyediakan booth di area food corner,” terangnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni 7-8 September 2019 di Hotel Prima Cirebon. Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Seluruh masyarakat Ciayumajakuning diharapkan bisa memeriahkan kegiatan ini. “Pengunjung bisa memeriahkan kegiatan ini secara gratis,” pungkasnya. (apr)

Berita Terkait