Bupati Imbau Pensiunan Harus Tetap Berkarya

SOBAHI-KARNA-SIKAPI-HIV-AIDS
Bupati Majalengka, Sobahi Karna di hadapan wartawan. Foto: Dok. Radar Majalengka

MAJALENGKA – Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka pensiun setiap tahunnya. Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd mengimbau kepada para PNS yang memasuki masa pension untuk tetap berkarya mengisi waktu pensiun dengan kegiatan yang positif.

Menurutnya, para PNS yang selama puluhan tahun terbiasa dengan pola menerima penghasilan tetap dari gaji, menjelang pensiun mesti segera beradaptasi. Sebab, meskipun pasca pensiun akan tetap mendapatkan gaji pensiunan, tapi tidak seperti yang diterima pada saat masih berdinas.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada para PNS yang telah dan akan memasuki usia pensiun. Harus segera adaptasi dari sekarang, mau apa selepas pensiun nanti? Yang jelas, mesti diisi dengan kegiatan positif,” ujarnya.

Selepas pensiun, para PNS sebetulnya masih bisa mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan atau bank, karena masiih memiliki penghasilan tetap dari gaji pensiunan. Namun, bupati berpesan jika ada para pensiunan atau PNS yang hendak memasuki usia pensiun, agar bijak dalam menempuh hal tersebut.

“Kalau ada yang mau ngajukan pinjaman ke bank, pikirkan matang-matang peruntukannya. Jangan sampai untuk kebutuhan yang konsumtif, lebih baik digunakan untuk modal berwirausaha, atau untuk kebutuhan mendesak misalnya untuk biaya kuliah anak dan lain sebagainya,” pesannya.

Bupati menambahkan, yang paling penting ditekankan kepada para PNS selepas pensiun adalah jangan putus hubungan silaturahmi dan komunikasi dengan para rekan-rekan kerja ataupun atasan dan bawahan saat berdinas. “Dari silaturahmi yang terus nyambung itu, Insya Allah akan memperpanjang usia dan rejeki,” imbuhnya. (azs)

Berita Terkait