Bunda Literasi Tingkatkan Psikologi Anak

Oleh: Hariyani Prasetyaningtyas SI Pust

Literasi adalah kemampuan yang  berhubungan dengan kecakapan bahasa yang nantinya untuk meningkatkan kualitas hidup. Umumnya literasi sering dihubungkan dengan baca tulis. Walaupun sekarang  dengan perkembangan zaman, literasi tidak hanya berhubungan dengan baca tulis saja.

MEMBIASAKAN kegemaran membaca bukanlah hal yang mudah. Perlu program strategis dan terobosan-terbosan, supaya ke depan budaya membaca menjadi gaya hidup masyarakat Jawa Barat. Untuk itu Pemerintah Jawa Barat menetapkan Atalia Praratya Kamil sebagai Bunda Literasi Jawa Barat yang dikukuhkan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI, Drs Widiyanto MSi.

Bunda literasi adalah program pemerintah Jawa Barat yang konsentrasi pada program-program pengembangan  budaya baca dan pembudayaan perpustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelitian.

Bunda literasi memberikan arah bagi peningktan minat, kegemaran membaca dan budaya baca dalam arti luas yang selaras dengan kebijakan Nasional (Nawa Cita). Juga terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi serta terwujudnya Sapta Karya Mulih Harja.

Pada tanggal 15 November 2018  telah dikukuhkan 24 Bunda Literasi dan salah satunya adalah Bunda Literasi Kota Cirebon yaitu adalah Dra Hj Eti Herawati yang juga sebagai Wakil Walikota Cirebon. Dengan dikukuhkan Bunda Literasi Kota Cirebon berharap budaya membaca akan terlaksana di masyarakat Cirebon karena di Kota Cirebon.

Apalagi juga sudah dikukuhkan bunda literasi tingkat kecamatan dan kelurahan. Dalam menjalankan program kerjanya Eti Herawati dibantu Tim Kerja Bunda Literasi. Tim ini diketuai Hariyani Prasetyaningtyas S I Pust, yang juga Kepala Perpustakaan BPK Penabur Cirebon. Dan dalam waktu dekat akan ada program-program yang bertujuan membudayakan membaca.

Sejalan dengan itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusip) juga bekerjasama dengan IKAPi Jabar menggelar acara Talk Show Pengaruh Membaca terhadap Perkembangan Psikologis Anak.

Bunda Literasi Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan, talk show tersebut satu rangkaian dengan book fair dan materi yang disampaikan tidak lepas dari menanamkan budaya literasi.

“Intinya sharing cara mengasuh dan mengawasi anak khusunya di era 4.0 yang dampaknya bisa positif dan negatif bagi anak apabila penggunaan gadget informasi tidak digunakan dengan baik. Ini juga menjadi perhatian untuk orang tua, karna tidak bisa dilepaskan begitu saja,” ujar Eti.

Dalam talk show yang sama, Psikologi Anak Kota Cirebon Citra Sabrina mengatakan, literasi itu perlu dikembangkan dari keluarga. Talk show ini mengajak para ibu dan juga bunda literasi untuk menciptakan budaya baca karna generasi sekarang erat kaitannya dengan gadget, sehingga bisa membawa dampak positif dan negatif.

Hal ini berpengaruh pada sosial emosinya kurang stabil dan sensitif pada anak. Literasi pada anak juga membawa dampak positif membuat komunikasi dua arah dengan orang tua. (*)

Berita Terkait