BPS Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di Unisa Kuningan

Sosialisasi-Sensus-Penduduk
Acara sosialisasi Sensus Penduduk 2020 digelar BPS bersama Unisa di aula kampus setempat, Rabu (27/11). Foto: Mumuh Muhyiddin/Radar Kuningan

KUNINGAN – Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan, menggelar sosialisasi Sensus Penduduk (SP) tahun 2020, Rabu (27/11). Sosialisay diikuti ratusan mahasiswa di kampus Unisa, Jalan Mayasih Kecamatan Cigugur.

Kepala BPS Kabupaten Kuningan Asep Arifin Mansur mengatakan, tujuan diadakannya sensus penduduk 2020, yakni salah satunya untuk menuju satu data kependudukan yang menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia.

Di samping itu juga dalam rangka membentuk kerangka sampel untuk kegiatan statistik untuk sepuluh tahun kedepan, memperoleh data parameter demografis untuk keperluan proyeksi penduduk, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan daerah.

“Sensus penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi, yaitu perpaduan antara pemanfaatan data registrasi penduduk dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), dan pencatatan lengkap lapangan serta survey,” kata Asep.

Sementara itu, Rektor Unisa Nurul Iman HA, menyambut baik langkah BPS Kabupaten Kuningan dalam upaya sosialisasi sensus penduduk secara online dengan menggandeng kampus-kampus, termasuk Unisa. Pihaknya sangat berterima kasih kepada BPS Kuningan yang telah memperkenalkan dan melakukan sosialisasi sensus penduduk di kampus Unisa.

“Semoga sinergitas antara akademisi dengan BPS selalu terjalin dengan baik. Semoga pula sensus penduduk online tahun 2020 bisa berjalan lancar dan maksimal,” harap Iman. (muh)

Berita Terkait