BKPSDM Serahkan 248 SK Pensiun PNS

SK PENSIUN: Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs H Rahmat Sutrisno MSi menyerahkan SK pensiun PNS, kemarin (4/12).FOTO: ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON – Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon menyerahkan 248 SK Pensiun PNS yang memasuki masa purna bakti periode Januari sampai Juni 2020, kemarin (4/12).

Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Supadi Priyatna MSi menjelaskan, penyerahan SK pensiun untuk PNS diberikan dua kali dalam setahun, sesuai kebutuhan. Kali ini, SK Pensiun diberikan bagi 248 orang dari total 692 orang yang memasuki masa pensiun di 2020 mendatang.

“SK kali ini diberikan pada PNS Pensiun Periode Januari sampai Juni yang jumlahnya 248 orang. Sisanya kemungkinan di tahun depan. Hal ini sebagai pemberian kepastian hukum kedudukan PNS. Karena, masa bakti akan berakhir saat SK diberlakukan, namun masih mengabdi beberapa bulan ke depan,” ujar Supadi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno MSi menuturkan, menjelang pensiun nanti, memungkinkan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan lainnya. Artinya, sebelum mengakhiri masa bertugas, pihaknya mengimbau kepada PNS yang memasuki masa purna bakti untuk selalu menjaga kesehatan.

“Kesehatan adalah segalanya dan juga memiliki banyak waktu untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Masa Esa,” tuturnya.

Meskipun  telah memasuki masa pensiun, tambah Rahmat, diharapkan tidak mandeg dalam berinovasi. Serta tetap terus meningkatkan kualitas wawasan informasi dengan tetap membaca dan menyimak informasi terkini melalui media massa.

“Kami sampaikan banyak terima kasih atas pengabdian rekan-rekan semuanya selama mengabdikan diri sebagai PNS di Kabupaten Cirebon. Semoga Tuhan membalasnya dengan amalan yang setimpal sebagai bekal ke depan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kanreg III BKN Bandung, Imas Sukmaria menjelaskan, mengenai administrasi perihal pensiun. Baik mengenai Informasi dalam SK Pensiun, Kenaikan Pangkat Pengabdian maupun penyaluran dana pensiun ke Bank Penyalur.

“Untuk biodata pada SK Pegawai agar bisa dicek kembali, terutama nama pegawai dan ahli waris seperti istri dan anak. Selain itu, dalam SK Pensiun juga dijelaskan terdapat informasi mengenai masa kerja pegawai pensiun,” tandasnya.

Menurutnya, ada 3 jenis masa kerja, yakni masa kerja PNS, masa kerja golongan dan masa kerja pensiun. Masa Kerja Golongan dan Masa Kerja Pensiun inilah yang menjadi dasar penentuan nilai gaji pokok pensiun seorang pensiunan. “Sedangkan masa kerja PNS, untuk menentukan pensiunan memperoleh kenaikan pangkat pengabdian atau tidak,” singkatnya. (sam)

 

Berita Terkait