Bikin Bangga, Kursi Merak Cirebon Tampil di Program TV Amerika Serikat

Kursi Merak Cirebon
Kursi Merak Cirebon tayang di program TV Amerika Serikat. Screenshot/YouTube

MASYARAKAT Cirebon harus bangga. Pasalnya, kursi rotan berbentuk singgasana atau yang lebih dikenal dengan kursi raja atau kursi merak buatan orang Cirebon berhasil mejeng di program televisi Amerika Serikat.

Dua kursi merak itu tampil di salah satu segmen sebuah acara talk show tengah malam yang ditayangkan NBC, Tonight Show with Jimmy Fallon, Jumat (24/5) waktu setempat. Dalam segmen itu, sang host, Jimmy Fallon dan bintang tamu, Dana Carvey memainkan sketsa berjudul Legends.

Pemilik HomeVestures, Vicki Leilani Stecher sangat senang karena kursinya tampil di salah satu program talkshow favorit di Amerika Serikat. Kursi merak itu, kata dia, adalah hasil karya warga Kabupaten Cirebon.

Selama ini Vicki mencari beberapa perajin rotan untuk memproduksi kursi merak ini. Namun diakuinya jumlah perajinnya di Cirebon sudah tidak lagi banyak.

“Saya ingin menggaungkan kembali kursi merak sebagai kursi yang populer sehingga akhirnya bisa mendongkrak industri rotan Cirebon,” ujarnya.

Vicki mengatakan, kursi merak sudah cukup familiar untuk warga Amerika Serikat. Bahkan kursi jenis ini sudah bertengger di atas panggung pada malam penganugerahan Miss USA tahun 1982.

“Rotan adalah hadiah Allah untuk putra-putri Indonesia. Dan kursi merak adalah hadiah mereka kepada dunia,” jelasnya. (kmg)

Berita Terkait