Berharap Seluruh Tahapan Pilkades Serentak Lancar

panitia-pilkades
BPD Desa Trajaya Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, melantik panitia pilkades. Foto: Almuaras/Radar Majalengka

PASCA pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sejumlah BPD yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak langsung membentuk panitia Pilkades. Seperti yang dilakukan BPD Desa Trajaya Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka.

Penjabat Kades Trajaya, Wahyudin Wahyu menyebutkan BPD telah membentuk panitia Pilkades pada Kamis (8/8) dan telah siap untuk menjalankan tugasnya dengan membuka pendaftaran hingga melaksanakan Pilkades.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkades Trajaya bisa berjalan dengan aman dan lancar, sukses tanpa ekses,” harap mantan Juru Tulis Desa Majasuka Kecamatan Palasah ini.

Sementara itu, Camat Palasah, Mundjat Subiantara mengatakan dari 13 desa yang ada di Kecamatan Palasah, sebanyak 7 desa akan menggelar Pilkades serentak pada 2 November 2019 mendatang. Camat Mundjat mengatakan 7 desa yang akan melaksanakan pilkades yakni Desa Waringin, Pasir, Sindangwasa, Majasuka, Buniwangi, Enggalwangi, dan Trajaya.

Diakui Camat Mundjat, mayoritas para Kades yang akan gelar Pilkades habis masa jabatan pada Desember 2019 mendatang. Sehingga, bila kades incumbent kembali mencalonkan diri sebagai kepala desa, maka harus non aktif dari jabatan sebelumnya setelah penetapan calon.

Diakuinya untuk pengumuman pembukaan pendaftaran calon kades dilaksanakan oleh BPD. “Calon Kades minimal dua orang dan maksimal 5 orang. Kalau hanya satu calon, maka panitia membuka pendaftaran calon kembali sehingga memperoleh dua calon minimal. Bila lebih dari 5 calon maka akan dites,” bebernya.

Sementara itu, Kades Waringin, Umar menyatakan kesiapannya untuk maju kedua kalinya pada Pilkades serentak nanti. Dikatakan, bila nanti tidak ada lawan pada Pilkades maka harus mendorong keluarganya untuk maju mendampinginya demi untuk memenuhi persyaratan calon harus lebih dari satu orang. (ara)

Berita Terkait