Bendera Merah Putih Sepanjang 1945 Meter Terbentang di Desa Jumbleng Indramayu

Bentangkan-Bendera-Merah-Putih-Sepanjang-1945-Meter
TERPANJANG : Ribuan warga Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.945 meter, Sabtu (17/8) kemarin. KUB SAMPU JANGGA FOR RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Momentum peringatan HUT ke-74 RI, terasa berkesan bagi penduduk di Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu. Pada momen bersejarah memperingati Hari Kemerdekaan itu, ribuan warga sukses membentangkan bendera merah putih sepanjang 1945 meter.

Diinisiasi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sampu Jangga, aksi bentangkan bendera sepanjang hampir 2 kilometer itu diawali dengan pelaksanaan upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi di area Waduk Jangga Tua. Setelahnya, bendera dengan lebar sekitar 1,2 meter itu dibentangkan secara beramai-ramai oleh peserta upacara.

Tak hanya masyarakat setempat, aksi membentangkan bendera juga melibatkan banyak pihak. Mulai dari petugas kepolisian, TNI, Pemcam Losarang, Aktivis Lingkungan Alam Semesta (Alas), Zhatibarang Penjelajah Alam (Zhapala), Irmus Darul Falah, serta Relawan Daniel Mutaqien Syafiuddin-Hilal Hilmawan (Danhil) yang tergabung dalam Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Kabupaten Indramayu.

Usai aksi pembentangan bendera, kegiatan dilanjut dengan gelaran berbagai lomba rakyat menyemarakkan HUT RI bertempat di halaman Rusimin, Ketua RT Blok Jangga Tua. “Alhamdulillah, aksi bentang bendera merah putih sepanjang 1.945 meter berjalan sukses dan lancar,” kata Inisiator Kegiatan, Jayanto kepada Radar, Senin (19/8).

Aksi ini, jelasnya, sebagai bentuk penghormatan kepada negara dan mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah. Selain itu, menanamkan jiwa gotong royong dan saling membantu.

“Melalui momentum HUT ke-74 RI ini, kami juga berupaya untuk mengangkat potensi Desa Jumbleng khususnya Blok Jangga Tua selain di sektor pertanian. Melalui KUB Sampu Jangga mewujudkan petani yang mandiri dari dan untuk kesejahteraan petani dengan adanya usaha bersama,” terangnya.

Jayanto memaparkan, Desa Jumbleng sejatinya memiliki potensi luar biasa khususnya di bidang pertanian. Terlebih, dengan keberadaan Embung Jangga Tua yang mampu memenuhi kebutuhan air bagi areal persawahan saat musim kemarau.

Karena itu, lanjutnya, KUB Sampu Jangga terus memprogramkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat, petani serta pengembangan potensi desa.

Secara khusus, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Blok Jangga Tua serta semua pihak yang telah mendukung aksi bentang bendera merah putih sepanjang 1945 meter sehingga berjalan lancar dan sukses.

“Apresiasi juga kami sampaikan kepada Kang Daniel dan Mas Hilal atas suport dan dukungannya. Kami berharap pula bantuan selanjutnya untuk mendukung upaya KUB Sampu Jangga mengembangkan potensi Desa Jumbleng,” tandas Jayanto. (kho/rls)

Berita Terkait