Belum Ada Satgas, Pengelolaan Stadion Bima Keroyokan

Kawasan Stadion Bima Kota Cirebon FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Setelah pada 25 Oktober lalu Stadion Bima resmi dihibahkan pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan, Pemkot Cirebon akan membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengelola stadion senilai Rp800 miliar tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Drs H Adin Imadudin Nur MSi menjelaskan, satgas ini dibentuk agar pengelolaan Stadion Bima bisa lebih fokus. Sementara belum terbentuk satgas, pengelolaannya dilakukan secara bersama-sama dengan dinas terkait. “Sementara pengelolaannya saat ini dilakukan bersama. Ada dinas yang menangani pemeliharaan, kebersihan dan lainnya,” ungkapnya.

Dibeberkannya, untuk koordinator pengelola dipegang oleh Badan Keuangan Daerah (BKD). Selanjutnya untuk kebersihan ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), keamanan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sedangkan pihaknya sebagai pemanfaat dari stadion tersebut.

Sebelum terbentuknya satgas, pengelola bersama ini yang bekerja. Setelah ada satgas, akan diserahkan penuh ke satgas. Kemudian Adin menuturkan, Stadion Bima terbuka untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Hanya saja bila ada kegiatan, maka wajib bagi yang berkepentingan harus mengikuti prosedur dan mengajukan izin ke DKOKP.

“Sebenarnya tidak ada atau tidak dikenakan biaya untuk penggunaan pada saat ini. Yang penting harus membuat surat komitmen. Bertanggung jawab terhadap keberhasilan, keamanan dan buka ada kerusakan fasilitas harus menggantinya,” tandasnya. (gus)

Berita Terkait