Belum Ada Perbaikan, Jalan Retak Cirebon-Bandung

Sekda Kabupaten Cirebon Drs H Rahmat Sutrisno MSi beserta jajarannya minjau keretakan jalan Ciwaringin saat 2018 lalu.FOTO: DOKUMEN RADAR CIREBON

CIREBON-Keretakan jalan nasional yang menghubungkan Cirebon-Bandung di Desa Ciwaringin, sudah satu tahun ini belum juga diperbaiki. Camat Ciwaringin berharap, agar segera ada perbaikan. Mengingat, sebentar lagi musim hujan dan sangat berpotensi retakan jalan bertambah parah.

Camat Ciwaringin, Bambang Sudaryanto mengatakan, sudah satu tahun ini sejak mulai ditinjau berbagai pihak, namun hingga saat ini belum ada perbaikan apapun. “Kalau nggak salah satu tahun ya. Tetapi belum ada perbaikan apa-apa,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Selain keretakan jalan, abrasi Sungai Ciwaringin, menurut Bambang, mengakibatkan kerusakan beberapa rumah warga sekitar. Bahkan, ada rumah yang ambles dan sekarang terpaksa dikosongkan.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Dadang Suhendar mengatakan, pihaknya sudah mendatangkan tim vulkanologi untuk mengecek kondisi tersebut. “Ternyata hasilnya memang dari abrasi Sungai Ciwaringin. Kondisi tanah yang ditabrak air jenisnya tanah lempung. Sehingga, kalau musim hujan sungainya meluap. Tanah itu bergerak sampai jalan yang di atasnya apabila kena beban. Maka tanah akan bergerak dan timbulah retakan di jalan raya,” bebernya.

Selanjutnya, hasil dari vulkanologi harusnya segera ditindaklanjuti oleh BBWS CC dan Badan Jalan Nasional. Kewenangan BBWS pada sungainya, dan Badan Jalan Nasional menyangkut keretakan jalannya. Pihaknya pun sudah menampaikan kepada kedua instansi tersebut.

Tetapi sayangnya, hingga sekarang kedua instansi tersebut tidak tanggap. “Ya harusnya bisa segera dilakukan perbaikan secepatnya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Nanti saya ajak Camat Ciwaringin juga untuk mendatangi BBWSCC,” tuturnya. (den)

Berita Terkait