Ayu Azhari, Konser untuk Menyebar Kedamaian

Ayu Azhari

SEAKAN tak terpancing dengan ujaran kebencian (hate speech) yang mulai mewabah di sejumlah sosial media, Ayu azhari bersama putranya, Axel menggandeng penyanyi legendaries, The Black Brothers untuk konser musik toleransi dan damai. Aksi itu dilakukan Ayu di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, belum lama ini. ”Sebagai seniman, kita bisa berkarya, menyatukan, menciptakan suasana kasih sayang lewat karya seni,” ujar Ayu.

Selama ini, Ayu mengaku, musik memang sebagai media hiburan. Namun di era di mana kerap terjadi tindakan intoleransi dan disharmoni sosial di kalangan masyarakat, musik bisa dijadikan media untuk menciptakan ke Indonesia-an yang toleran, damai dan social local wisdom.

”Dari tarian, musik, kita punya budaya beragam. Jadi, toleransi di musik. Kita bisa lihat sekarang, isu perbedaan, kita mau mempersatukan dalam musik,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Ayu, Indonesia adalah bangsa dan negara yang beragam. Sehingga perlu dilestarikan dan dirawat melalui kekuatan budaya. ”Dan aksi seperti ini juga bagian merawat budaya,” jelasnya.

Atas aksi yang menyebar kedamaian yang telah dilakukannya. Istri Mike Tramp, vokalis band internasional White Lion tersebut dinobatkan sebagai Duta Etnik Indonesia 2017. Predikat ini didapatkan Ayu dari komunitas desainer. ”Saya diajak komunitas desainer supaya menjadi Duta Etnik Indonesia 2017. Makanya dalam penampilan ini pakai kain tenun khas dari NTT, bagus juga,” kata Ayu.

Ingin bertanggung jawab atas predikat yang disematkan kepadanya. Ayu membawa unsur etnik dalam penampilannya. ”Saya harus bertanggung jawab, dengan memakai pakaian tradisional Indonesia,” ujarnya.

Dengan busana Tradistional, Ayu terlihat tampil Anggun. ”Ini bagian dari ibadah, berpenampilan lebih baik, tanggung jawab juga,” katanya.

Lewat penampilannya itupun Ayu ingin membantu para UMKM. Bahwa karya mereka pantas digunakan di event apapun. ”Membantu pengrajin atau UMKM berkarya, memberikan peluang pengrajin berkarya, membangun kesejahteraannya,” tegasnya. (anh)

Berita Terkait