Awal Ramadan, Transaksi WU Sudah Tembus Rp4,6M

MULAI MENINGKAT: Layanan transaksi wesel khususnya Western Union mulai mengalami kenaikan di minggu pertama Ramadan.FOTO: ITTA FATHIMATUL LAILIYYAH/RADAR CIREBON

CIREBON – Pengiriman wesel Kantor Pos di minggu pertama Ramadan, tercatat naik drastis. Dari beberapa produk wesel, Western Union (WU) mendominasi hingga 60,36 persen. Sisanya wesel instan sebanyak 36,13 persen. Kenaikan tersebut menggunakan perbandingan antara transaksi wesel di hari Senin minggu lalu (regular) dan Senin saat Ramadan.

Manajer Pelayanan Kantor Pos Besar Cirebon Poppy Herlisistiani menjelaskan detail WU pada Senin regular sebanyak 672 transaksi atau dalam nominal sebesar Rp3,1 miliar. Sedangkan Senin saat Ramadan kiriman WU mencapai 1.066 transaksi atau Rp4,67 miliar. Kenaikan ini sebenarnya sudah menjadi tren tahunan saat Ramadan hingga Lebaran dan akan mencapai puncaknya pada H-7 dan H+7 Lebaran.

“Faktornya tentu saja sudah banyak pekerja di luar negeri yang mengirim uang untuk keluarganya di Indonesia, sebagai bekal belanja kebutuhan puasa,” jelasnya pada Radar, Sabtu (11/6).

Sebenarnya, lanjut Poppy, layanan wesel bukan hanya WU dan wesel instan, tetapi juga ada wesel prima, WI BNI dan WI BCA. Jika diakumulasikan secara keseluruhan dengan WU dan wesel instan, kenaikan minggu pertama Ramadan mencapai 19,41 persen. Selisih transaksi dari sisi layanan naik 287 dari 1.479 transaksi Senin sebelum Ramadan menjadi 1.766 pada Senin Ramadan. Dalam rupiah naik Rp1,5 miliar dari Rp3,9 miliar pada Senin sebelum Ramadan menjadi Rp5,5 miliar pada Senin Ramadan. “Kiriman WU paling banyak dari Malaysia dan Arab Saudi, kalau rata-rata pengiriman per orang Rp5 jutaan,” ujarnya.

Bukan hanya pengiriman uang yang meningkat, Kantor Pos juga mengalami peningkatan pada pos surat dan paket. Perbandingannya tetap menggunakan pada layanan Senin sebelum Ramadan dan Senin minggu pertama Ramadan. Paket-paket kecil dan online shop sudah mulai banyak setiap harinya. Apalagi ruang penempatan paket kini sudah direnovasi, sehingga bisa lebih banyak dan aman menampung paket dari masyarakat.

Poppy menambahkan, sejauh ini masyarakat masih mempercayakan Kantor Pos untuk berbagai pengiriman, termasuk WU. Prosesnya mudah dan terpenting Kantor Pos ada di mana-mana, sehingga mudah dijangkau masyarakat hingga pelosok.

“Kami juga akan membuka layanan dinas pada hari kedua Lebaran. Jadi kalau ada yang mau bayar atau kirim wesel tetap kami layani,” tutupnya. (tta)

 

 

Berita Terkait