Arsip Pribadi Neil Armstrong Siap Dilelang

LELANG benda bersejarah terkait Apollo 11 akan segera dilaksanakan. Salah satu yang dilelang ialah arsip pribadi milik Neil Armstrong, sang manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Tiga lembar catatan internal NASA terkait pelatihan kalimat pertama yang diucapkan Amstrong  juga akan dilelang. Salah satunya, terdapat pesan dari Asisten Administrasi NASA saat itu, Julian Scheer bertuliskan, “Emosi paling sejati dalam momen bersejarah ini adalah apa yang dirasakan para penjelajah dalam diri mereka, bukan semata karena mereka dilatih sebelum berangkat atau membawa catatan penting dalam kantong mereka.”

Untuk tiga lembar catatan tersebut, harga pra-pelelangan sebesar US$15.000.  Rencana penerbangan Amstrong berisikan 134 halaman menuju bulan juga akan dilelang bulan depan. Harga pra-pelelangan sebesar US$6.000.

Selain itu, harga pra-lelang barang pribadi Amstrong lainnya, seperi jas dihargai sebesar US$40.0000, kaca depan Apollo 11 sebesar US$8.000, dan boneka beruang milik Amstrong juga akan dilelang senilai US$3.000.

“Arsip Amstrong diibaratkan sebagai harta karun yang berhaga semasa perjalanan bersejerah Apolo 11,” ujar Presiden Heritage Auctions, Greg Rohan, seperti diberitakan Fox News, Sabtu (29/6).

Sebelumnya, beberapa barang telah berhasil dilelang. Barang-barang tersebut antara lain foto para astronot Apollo 11 bertanda tangan Amstrong berhasil dilelang dengan harga US$52.000. Lalu, sebuah catatan yang dibawa Amstrong dan Buzz Aldrin ke bulan berhasil dilelang dengan harga US$62.000. Sedangkan, tas berisikan debu bulan berhasil dilelang dengan harga  US$1,8 juta dan dibeli seorang wanita asal Chicago.

Pelelangan ini rencananya akan dilaksanakan pada 16 hingga 18 Juli mendatang, di Dallas, Amerika Serikat (AS). (*)

Berita Terkait