Armada Pemdam Kebakaran Tak Memadai, Mobil Tertua Tahun 1983

armada-damkar-majalengka
Salah satu armada yang dimiliki UPTD Damkar Kabupaten Majalengka. Kondisinya sudah menua dan butuh peremajaan. Foto: Almuaras/Radar Majalengka

MAJALENGKA – Petugas pemadam Kebakaran (Damkar) di Majalengka harus ekstra di musim kemarau panjang ini. Menyusul tingginya potensi kebakaran baik itu kebakaran lahan, bangunan, permukiman atau perkantoran.

Kepala UPTD Damkar, Nana Suhana menyatakan tugas pemadam kebakaran bukan sekadar memadamkan api. Sesuai dengan panca dharma pemadam kebakaran, ada lima tugas utama pemadam kebakaran, yakni melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran, melakukan pemadaman kebakaran, penyelamatan (rescue), pemberdayaan masyarakat dan penanganan bahan berbahaya.

Hanya saja, diakui Nana, jumlah sarana dan prasarana pendukung kerja yang masih belum memadai. “Kami memiliki armada yang usianya sudah tua dan tidak maksimal,” ujarnya, Selasa (22/10).

Disebutkaan Nana, ada 4 unit mobil yang dimiliki damkar yakni Isuzu NKR tahun 2003, isuzu NKR tahun 2003, Isuzu pword tahun 1983 dan Mercedes benz tahun 1996. Itu artinya, mobil tertua damkar berusia 36 tahun. Adapun jumlah tenaga atau personel yang dimiliki mencapai 21 orang terdiri dari 6 orang PNS dan 15 orang TKK.

“Kami sudah mengajukan pengadaan armada kepada pimpinan dan ada informasi mendapatkan sinyal positif,” ujarnya. (ara)

Berita Terkait