Argasunya Kembangkan Lokasi Layak Anak

ILUSTRASI

CIREBON-Kelurahan Argasunya berupaya mengembangkan lokasi layak anak. Dimulai hingga tingkat RW, puskesmas, hingga pemerintahan. Salah satu keseriusannya dibuktikan dengan dilakukannya pembinaan RW layak anak, berlokasi di kelurahan setempat.

Lurah Argasunya Dudung Abdul Barry mengatakan, pembinaan RW layak anak merupakan program kelurahan kepada seluruh unsur atau kalangan di Kelurahan Argasunya. Narasumber didatangkan dari pihak Dinas Sosial Pemeberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A), puskesmas, hingga warga yang memiliki kapasitas.

Kemudian untuk peserta, berasal dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), RW, kader PKK, dan lainnya. Ada sekitar 40 peserta yang mengikuti dalam acara kemarin. Untuk menjadi wilayah atau lokasi layak anak, terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Salah satunya dukungan dari warga sekitarnya. “Untuk RW layak anak ini, sarana dan prasarana dan lingkungan harus mendukung, termasuk orang tua,” katanya.

RW 10 Argasunya telah menerapkan aturannya sendiri. Setiap pukul 18.00, anak-anak di sana diharuskan ada di rumah masing-masing. “Ada sirene untuk mengingatkan para orang tua,” sambungnya.

Dudung barharap, dilakukan pembinaan tersebut, seluruh RW dapat menerapkan dan mengikuti. Selama ini, lokasi layak anak telah berjalan di RW 04 dan puskesmas. “Kelurahannya juga harus layak anak, kemudian puskesmas juga layak anak, RW nya juga layak anak, jadi nyambung,” tuturnya.

Rencananya, di kantor kelurahan akan ada pengadaan mainan untuk anak. Jadi saat orang tua mereka sedang ada keperluan, anak bisa menunggu sambil bermain. Kemudian akan ada pengembangan fasilitas lainnya. (ade)

Berita Terkait