Argasunya Kekeringan, Polres Ciko-Fortuner Cirebon Community Kirim Air Bersih

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengisikan air bersih ke ember milik warga.FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Musim kemarau panjang yang terjadi selama lima bulan lebih di Kota Cirebon mengakibatkan sumur warga di RT 08, Block Cadasngampar, Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon, kering.

Selasa (26/11), Polres Cirebon Kota bersama Fortuner Cirebon Community membagikan air bersih untuk warga yang mengalami kekeringan di daerah tersebut. Masyarakat sangat antusias berbondong-bondong datang ke lokasi pembagian air sambil membawa ember.

Warga mengaku sejak lima bulan terakhir  di Blok Cadasngampar mengalami krisis air bersih. Sumur-sumur resapan sudah tak lagi mengeluarkan air hingga warga pun harus mencari air hingga jarak yang sangat jauh.

“Kami sebagai masyarakat sangat senang dengan adanya pembagian air bersih ini. Karena kami tidak perlu susah-susah mendapatkan air, terutama di musim kemarau. Biasanya, harus mengambil air dari sumur mata air yang jaraknya cukup jauh, sekitar 300 meter. Alhamdulillah di sini kerap ada bantuan air bersih, biasanya seminggu tiga kali,” tutur Dili warga RT 08, Block Cadasngampar.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, akan ada 26 mobil tangki yang dikirim untuk membagikan air di 5 titik wilayah Argasunya. “Warga di sini kerap kesulitan mendapatkan air bersih, terutama di musim kemarau,” jelasnya kepada wartawan saat pembagian air bersih di RT 5 RW 8, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa (26/11).

Masih kata Kapolres, ke depannya pembagian air bersih ini juga akan dilakukan di daerah lainnya, seperti di wilayah Desa Bungko, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. “Masih kita rencanakan, nantinya akan ada sekitar 20 tangki yang akan dikerahkan,” katanya.

Masih di tempat yang sama, Purwanto selaku Ketua Umum Fortuner Cirebon Community menuturkan, pembagian air bersih merupakan program kemanusian Fortuner Cirebon Community selain kopda dan touring.

“Sebelumnya, kami juga memberikan bantuan air bersih di wilayah Kabupaten Kuningan dengan mendistribusikan sebanyak 20 mobil tanki. Dan untuk wilayah Cirebon ini kami mendistribusikan sebanyak 26 mobil tanki,” tuturnya. (rdh)

Berita Terkait