Api Nyaris Sambar Kawasan Pemda

Lahan milik PT Pertani Persero di Dusun Kaliwon, RT02 RW01, Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan/Kabupaten Kuningan terbakar sekitar pukul 03.30 WIB, Rabu dini hari (18/9). FOTO: AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Kebakaran lahan kembali terjadi diduga akibat aktivitas pembakaran sampah. Bahkan api kebakaran nyaris menyambar area perkantoran pemerintah daerah Kabupaten Kuningan, jika tidak sigap ditangani petugas pemadam kebakaran.

Lokasi kebakaran lahan milik PT Pertani Persero ini, terletak di Dusun Kaliwon, RT02 RW01, Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan/Kabupaten Kuningan. Insiden ini terjadi sekitar pukul 03.30 WIB, Rabu dini (18/9).

Plt Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan Khadafi Mufti dalam keterangan persnya, menuturkan, bahwa lokasi kebakaran lahan terjadi di dekat perkantoran pemerintah daerah Kuningan dini hari tadi. Lahan yang terbakar kurang lebih 60 m2 dengan luas lahan keseluruhan 750 m2.

“Jadi sekitar pukul 03.25 WIB dini hari, api dan kepulan asap terlihat pertama kali oleh Bapak Dede Samsudin yang juga anggota Satpol PP Kuningan. Kebetulan Pak Dede ini sedang melaksanakan tugas jaga piket di kantor Setda atau Kantor Bupati Kuningan,” ungkapnya.

Sesaat setelah itu, lanjutnya, yang bersangkutan langsung memberitahukan dengan menghubungi Kantor UPT Damkar Satpol PP melalui telpon (0232) 871113. “Untuk merespon kejadian tersebut, lima orang anggota regu dua dan tiga randis Damkar Kuningan meluncur ke TKP untuk memadamkan api dan mencegah kebakaran merembet lebih besar. Petugas tiba di TKP pukul 03.35 WIB atau sekitar lima menit,” terangnya.

Ketika memadamkan api, pihaknya dibantu dua orang anggota Satpol PP Kuningan yang kebetulan tengah piket di pos jaga Pemda Kuningan. “Alhamdulillah api akhirnnya bisa dipadamkan pukul 05.00 WIB pagi atau sekitar satu jam 30 Menit. Penyebab kebakaran diduga dari adanya aktivitas pembakaran sampah dari tempat pembuangan sampah oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tandasnya.

Menurutnya, apabila terlambat dalam penanganan kebakaran bisa meluas ke gardu listrik, ruangan Bagian Ekonomi Setda, dan sekretariat PKK Kabupaten Kuningan. “Sebab sebelah timur berbatasan dengan pos jaga Sat Pol PP Kuningan dan Gedung Sekretariat PKK Kuningan, dan sebelah selatan kantor Pemda Kuningan. Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat agar jangan membakar sampah di sembarang tempat, dan atau membakar untuk membuka lahan. Karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, apalagi situasi saat ini sedang musim kemarau,” tutupnya. (ags)

Berita Terkait