Antisipasi Banjir, Warga Kanci Kerja Bakti

BERSIH-BERSIH: Kuwu Kanci, Sunaryo memimpin jalannya kerja bakti bersihkan lingkungan sebagai antisipasi bencana banjir, kemarin (12/1).FOTO: MOHAMAD JUNAEDI/Radar Cirebon

CIREBON – Sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir di lingkungan Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Sejumlah elemen masyarakat setempat bergerak untuk melakukan bersih-bersih lingkungan. Menurut Kuwu Kanci, Sunaryo, sudah dua hari pada setiap akhir pekan, masyarakat secara sukarela dan swadaya turun untuk membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggalnya.

“Kami menggerakkan semua elemen masyarakat untuk membersihkan lingkungan sebagai upaya antisipasi bencana banjir yang tiap tahun melanda desa kami,” tuturnya, kemarin (12/1).

Dia mengatakan, dalam kegiatan tersebut salah satu yang menjadi prioritas utama adalah pengerukan saluran irigasi yang berada tepat di depan balai desa. Pasalnya, saluran tersebut yang sering menjadi penyebab banjir. “Sedimentasi menjadi penyebabkan air limpas ke jalan raya sampai masuk ke pemukiman rumah. Makanya, kami keruk dengan ekskavator,” katanya.

Selain warga, aparat kepolisian dan TNI pun ikut membantu kerja bakti tersebut. Sunaryo menambahkan, hal ini menunjukkan mereka tidak hanya menjaga ketertiban dan keamanan, tapi juga menjaga masyarakat dari ancaman bencana. “Kami apresiasi atas partisipasi bapak-bapak dari Polsek Astanajapura dan Koramil Astanajapura,” imbuhnya.

Kegiatan ini, akan terus berlangsung di setiap akhir pekan, dengan harapan lingkungan di Desa Kanci menjadi bersih dan contoh bagi desa lainnya. “Semoga ini menjadi awal yang baik dan bermafaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (jun)

 

Berita Terkait