Angin Kencang, Pohon Beringin di Balai Desa Sangkanurip Roboh

ILUSTRASI

KUNINGAN-Hujan deras disertai angin kencang kembali melanda sebagian wilayah Kabupaten Kuningan, Jumat (13/12) sore, menyebabkan sejumlah pohon besar tumbang, salah satunya pohon beringin di alun-alun Balai Desa Sangkanurip.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tumbangnya pohon beringin di halaman Balai Desa Sangkanurip terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan yang turun disertai angin kencang merobohkan sebagian cabang pohon beringin berukuran diameter 0,5 meter dan tinggi belasan meter hingga menutup lapangan voli.

Kejadian pohon tumbang ini pun langsung dilaporkan Kades Sangkanurip ke petugas Damkar Kuningan untuk meminta bantuan penanganan. Satu tim petugas Damkar merspon laporan tersebut dan mendatangi lokasi pohon tumbang dan melakukan pembersihan material kayu Beringin dengan mengunakan gergaji mesin.

Buuh waktu cukup lama untuk petugas menangani beringin tumbang tersebut. Petugas dibantu warga membersihkan material kayu beringin berukuran cukup besar tersebut hingga larut malam. “Penyebabnya ternyata pohon beringin ini bagian tengahnya tampak sudah lapuk. Ternyata, kondisi hujan deras disertai angin kencang membuat sebagian dahan pohon beringin yang sudah rapun ini pun akhirnya tumbang,” ungkap Plt Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar Kuningan.

Beruntung, kata Khadafi, tumbangnya dahan pohon beringin tidak mengenai bangunan balai deesa. Bagian dahan sebelah timur yang tumbang, hanya mengenai lahan kosong yang selama ini berfungsi sebagai lapang voli warga.

“Mudah-mudahan ini menjadi perhatian bersama untuk memperhatikan kondisi pohon di sekitar rumah atau bangunan, apakah kondisinya sudah lapuk atau bahkan sudah terlalu rimbun.agar segera ditangani. Akan lebih baik jika dilakukan pemangkasan agar tidak membahayakan, terutama kondisi cuaca saat ini yang terbilang ekstrem, sebaiknya dipangkas agar tidak membahayakan,” imbau Khadafi. (fik)

Berita Terkait