Angin Kencang, Pohon Beringin di Alun-alun Ciporang Tumbang

Petugas memotong pohon beringin yang tumbang di alun-alun Kelurahan Ciporang.FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Sebuah pohon Beringin besar yang berada di tengah alun-alun Kelurahan Ciporang Kecamatan Kuningan tumbang, Minggu sore (8/12) sekitar pukul 15.00 WIB. Diduga pohon tumbang akibat tiupan angin kencang diserta hujan lebat yang mengguyur Kuningan.

Dari keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, pohon tumbang akibat tertiup angina kencang yang terjadi Minggu sore kemarin. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban.

“Kemarin (Minggu, red) hujan intensitas lebat disertai angin kencang mulai pukul 14.40 sampai 15.45 WIB, mengakibatkan pohon beringin tumbang di depan kantor Kelurahan Ciporang. Alhamdulillah tidak ada korban,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin kepada Radar Kuningan.

Pihak BPBD langsung menurunkan tim assessment ke lokasi kejadian. Sekaligus juga berkoordinasi dengan pihak PLN dan Telkom guna menangani pohon tumbang. Mengingat terdapat kabel lisrik yang juga tertimpa pohon.

Masyarakat bersama aparat Kelurahan, dibantu Polri, Damkar, BPBD Kabupaten Kuningan dan TNI, melakukan pemotongan serta pembersihan material menggunakan mesin Chainsaw (gergaji mesin, red). Pemotongan dan pembersihan material selesai dilakukan tepat pukul 16.50 WIB, dan akses jalan raya RE Martadinata saat itu juga sudah bisa dilewati kendaraan roda 2 dan 4.

Ikut menambahkan, tim lapangan PLN Kuningan, Yayat Acong didampingi sejumlah petugas lainnya yang langsung menangani kondisi pohon tumbang berkaitan dengan kabel listrik yang ikut tertimpa. “Dari PLN melaksanakan penormalan buat manuver mengisi ke ujung agar saat pengerjaanya semua tetap nyala. Ada 9 tim berikut vendor dari Cirebon yang dipimpin Pak Khaerudin selaku Supervisor teknik Kuningan,” kata Yayat.

Dalam kesempatan penanganan ini, hadir pula Manager Bidang Jaringan beserta staf PLN Area Cirebon, dan juga ikut membantu dari masing-masing unit. “Dalam pelaksanaan perbaikan ini, Alhamdulillah listrik tidak ada yang padam,” ujar Yayat. (muh)

Berita Terkait