Alutsista TNI-Polri Jadi Tontonan Masyarakat

SENJATA BERAT: Sejumlah meriam milik Arhanud 14 dipamerkan dalam kegiatan Cirebon Timur Expo 2019 di Halaman Terminal Ciledug, kemarin. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan sampai 16 November mendatang.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Tontonan langka dan unik terpampang di halaman Terminal Ciledug. Ya, selama beberapa hari ke depan sampai tanggal 16 November 2019, halaman depan Terminal Ciledug akan disulap menjadi etalase untuk pameran alutsista milik TNI.

Sejumlah meriam dan panser milik TNI sengaja didatangkan dengan tujuan mengenalkan kepada masyarakat yang sampai saat ini masih digunakan, dan merupakan salah satu persenjataan utama dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kesempatan langka tersebut benar-benar dimanfaatkan warga setempat. Sejak pagi hari kemarin, ratusan anak-anak SMP dan SMA serta masyarakat umum bisa melihat langsung dari dekat alutsista milik TNI tersebut.

Salah seorang pengunjung yang ditemui Radar Cirebon, Sunaryo mengaku sengaja datang ke lokasi setelah sebelumnya ada informasi terkait pelaksanaan Cirebon Timur Expo, yang salah satu kegiatannya adalah pameran Alutsista TNI.

“Saya pengen lihat meriam. Mumpung ada di Ciledug. Kapan lagi kalau tidak sekarang? Apalagi untuk lihatnya gratis tidak dipungut bayar tiket. Kita bisa foto sepuasanya,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Selain itu, untuk alutsista yang dipamerkan juga bisa ditambah dan lebih banyak lagi. Sehingga masyarakat bisa tahu dan semakin mengenal peralatan dan senjata yang digunakan TNI.

“Koleksinya kalau bisa lebih banyak lagi yang dipamerkan. Mumpung lokasi dan lahannya luas. Syukur-syukur, tahun depan ada lagi dan bisa rutin biar kita yang dari wilayah timur ada kebanggaan tersendiri,” imbuh pria yang mengaku berasal dari Ciledug Kulon tersebut.

Sementara itu, Komandan Dandenpal Cirebon, Letkol Cpl Budiarto kepada Radar Cirebon mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama TNI-Polri dan pihak-pihak lainnya, sekaligus dalam rangkaian kegiatan HUT ke-70 Korem.

“Kita ingin masyarakat tahu dan kenal dengan senjata milik TNI yang dibeli menggunakan uang dari masyarakat. Beli alat dan senjata ini kan pakai uang rakyat,” tutur Budiarto.

Ditambahkannya, alat dan persenjataan yang dipamerkan dalam kegiatan Cirebon Timur Expo itu, merupakan alutsista aktif dan 100 persen masih digunakan oleh TNI.

“Kalau meriam itu punya Arhanud dan Panser itu dari satuan lainnya. Silakan bagi masyarakat yang ingin melihat langsung bisa berfoto dan mengenal lebih dekat senjata kita,” paparnya.

Terpisah, Pimpinan Majelis Cirebon Timur Bersalawat (MCTB) H Agus Maksum menjelaskan, selain kegiatan pameran alutsista, dalam kegiatan Cirebon Timur Expo 2019 tersebut akan dilaksanakan beberapa kegiatan sampai kegiatan penutup yang akan digelar pada 16 November 2019 mendatang.

“Kita ada kegiatan haul Habib Toha, karnaval, Cirebon Timur Bersalawat bersama Habib Luthfi dan kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkasnya. (dri)

 

Berita Terkait