Sosok Nurul Faqih, Mahasiswa UIN Jakarta yang Meninggal Kecelakaan sebelum Wisuda

Almarhum Dikenal Aktif dan Suka Membantu Orang Lain

Nur Iskandar menceritakan sosok sang adik Nurul Faqih (foto kanan), Senin (2/12).FOTO:ANANG SYAHRONI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Waktu sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB. Ke mana Nurul Faqih? Pria 22 tahun itu belum muncul di kampus, tepatnya di tempat wisuda di Auditorium Prof DR Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah. Keluarga mencari sana-sini. Tiba-tiba seseorang menangis sambil membawa foto Nurul Faqih. Kabar duka itu disampaikan. Nurul Faqih meninggal. Mengalami kecelakaan saat perjalanan ke tempat wisuda.

Mahasiswa Jurusan Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu meninggal dunia jelang beberapa jam prosesi wisuda, Minggu (1/12). Kecelakaan lalu lintas itu terjadi di Jl Tarumanegara, Ciputat Timur, sekitar pukul 05.00 WIB. Nurul menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion E 6267 QI, sementara kendaraan lain yang terlibat dalam kecelakaan itu adalah Honda Scoopy nopol B 6244 WRW yang dikemudikan Wahyu Maulana.

Kedua sepeda motor tersebut terlibat tabrakan di jalan yang kondisinya menikung. Nurul Faqih meninggal di lokasi kejadian, sementara Wahyu dalam perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. “Dia (Nurul Faqih) anak supel, cerdas. Kami pihak keluarga gak menyangka akan kejadian ini,” ujar Nur Iskandar (25) kakak kandung Nurul Faqih saat ditemui wartawan di rumah keluarga Blok Carik, Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang, Indramayu, Senin (2/12).

Nur Iskandar pun menceritakan momen-momen bersama sang adik. Malam harinya, mereka masih berkumpul bersama di kontrakan Nurul Faqih. Keluarga besar dari Indramayu juga sudah kumpul. Tapi di kontrakan lain. “Malamnya jam 10 kita masih berbicara, bercanda, habis itu saya pulang ke kontrakan. Almarhum di kontrakan bersama kakak saya Imam Rosadi. Memang beda tempat kontrakan. Saya ke kontrakan keluarga, kebetulan saya yang bagian ngurus keperluan di kontrakan keluarga,” cerita Iskandar.

Hingga pagi hari sekitar pukul 04.30, sang adik tiba-tiba menelepon pihak keluarga. Dan, itulah perbincangan terakhir anggota keluarga dengan Nurul Faqih. Melalui sambungan telepon selular, almarhum minta izin untuk berangkat duluan ke lokasi wisuda di Auditorium Prof DR Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah. “Jam 04.30 itu almarhum telepon minta izin berangkat duluan. Saat itu bilangnya jadi koordinator wisuda. Sempat tak diizinkan,” terang Iskandar.

Tapi, Nurul Faqih tetap berangkat duluan. Setelah itu, sekitar pukul 06.00 WIB, pihak keluarga menuyusul ke gedung Auditorium Prof DR Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah. Tapi saat sampai di kampus, keluarga tak menjumpai Nurul Faqih. Mereka kemudian menunggu sambil mencari dan bertanya ke wisudawan lainnya. Ke mana Nurul Faqih? Hingga pukul 07.00 WIB ia tak juga muncul.

“Cari sekitar lokasi, tanya ke mahasiswa lainnya. Saya tanya kenal sama adik saya, mereka jawab kenal, tapi tak melihatnya. Pas saya tanya-tanya, tiba-tiba ada seorang mahasiswi sambil nangis nunjukin foto sambil bilang kecelakaan. Saya juga dengar mahasiswa bilang adik saya meninggal karena kecelakaan di jalan. Saya gak percaya saat itu, sampai ada yang memberitahu lagi bahwa adik saya meninggal dan berada di RS Fatmawati,” tutur Iskandar.

Mendengar berita itu, mereka sekeluarga segera menuju RS Fatmawati dengan menggunakan dua kendaraan bermotor. “Kami langsung menuju rumah sakit, di mana jenazah adik saya ada di sana. Setelah dilihat wajahnya, saya hapal benar itu adik saya. Ada barang-barangnya juga seperti toga dan barang lainnya milik almarhum,” tutur Iskandar.

Menurut Iskandar, almarhum merupakan sosok yang supel dalam bergaul, suka membantu, loyal, cerdas, dan memiliki kemampuan seni, baik dalam desain grafis sampai mahir membuat kaligrafi. “Kebetulan kampus kita sama, beda angkatan dan jurusan saja. Saya dua tahun lebih dulu. Dia (Nurul Faqih, red) aktif di kampus. Saat wisuda masih sempat membantu menjadi koordinator wisuda, koordinator wisuda Jurusan Psikologi. Dia adik terbaik, membanggakan orang tua dan keluarga,” kenang Iskandar. (oni)

Berita Terkait