Akun Facebook Pamer Monyet Berdarah-darah, Panji Petualang Berang

Pembunuhan-Beruk
Unggahan Facebook yang menampilkan kondisi beruk dengan berdarah-darah. Foto: Facebook

CIREBON – Pemerhati satwa, Panji Petualang berang dengan ulah pemuda yang melakukan penyiksaan pada monyet dan diduga  untuk dikonsumsi. Dalam dua unggahannya, Panji yang tenar pada sebuah acara televise itu, menyampaikan kecamannya.

“Kelaparan atau rakus?” tulis Panji, di Akun Instagramnya. Ia mengunggah foto pemilik akun facebook yang memamerkan monyet dalam kondisi berdarah-darah.

Panji juga menuliskan informasi terkait dengan hewan yang disiksa remaja tersebut. Diduga lokasinya berada di Pringsewu, Lampung.

Pembunuhan-Beruk-2
Unggahan Instagram Panji Petualang Real.

Beruk termasuk hewan yang saat ini dicoba untuk dilestarikan, mengingat statusnya dalam IUCN termasuk kategori CI (critically endangered), yang artinya akan segera punah jika tidak segera dilestarikan. Oleh karena itu, sekarang ini di beberapa wilayah seperti di Indonesia ada lokasi penangkaran khusus untuk hewan ini.

Hewan yang satu ini tergolong hewan omnivora, dimana makanan utamanya adalah buah dan biji-bijian. Namun tak jarang pula hewan ini akan memakan hewan invertebrata seperti cacing, kelabang, atau lainnya.

Hewan yang satu ini lebih banyak ditemukan di daerah tropis, seperti Indonesia (hutan Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan), Malaysia, dan Thailand dengan wilayah tinggal adalah kawasan hutan hujan, pesisir, atau ladang perkebunan.

Dari pantauan Radar Cirebon, unggahan akun facebook tersebut tampak hingga Kamis 21 November 2019 sore.

Diduga, monyet tersebut sengaja ditangkap untuk kemudian dimasak dan dikonsumsi oleh kelompok orang yang ada di dalam foto tersebut. Judul unggahan pemilik akun: “Jagal on toi” (daging ini,red). (yud)

Berita Terkait