Akibat Puntung Rokok dan Bakar Sampah, Lahan Kosong di Sumber dan Gronggong Terbakar

Petugas memadamkan api di lahan kosong di Watubelah, Sumber. FOTO:CECEP NACEPI/RADAR CIREBON
Petugas memadamkan api di lahan kosong di Watubelah, Sumber.FOTO:CECEP NACEPI/RADAR CIREBON

CIREBON-Diduga karena ulah oknum masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah tanpa pengawasan. Minggu (28/7), di Kabupaten Cirebon terjadi kebakaran di dua lokasi lahan kosong, yakni di wilayah Sumber dan Gronggong.

Kasi Tanggap Darurat Dinas Damkar Kabupaten Cirebon Eno Sujana mengatakan kejadian pertama terjadi pukul 12.00 WIB. Pos Jaga Sumber menerima telepon dari masyarakat adanya kebakaran lahan kosong di samping utara GOR Watubelah. “Penyebab diduga dari oknum yang membakar sampah sehingga merembet ke sekitar lahan kosong,” ujarnya.

Kejadian kedua terjadi pada pukul 16.01 WIB. Pihaknya dari Pos Jaga Sumber menerima telepon adanya kebakaran di lahan belakang rumah makan Alam Manis Gronggong. Mendapatkan informasi itu, pihaknya langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. “Penyebab kebakaran diduga dari puntung rokok yang dibuang oleh sekelompok orang yang mencari burung,” ucapnya.

Menurut Eno, hampir sebagian besar kebakaran lahan karena keteledoran masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah lalu ditinggal. Oleh karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat agar lebih hati-hati.

“Musim kemarau yang kering ini, api sekecil apapun bila tertiup angin bisa menjadi besar. Kami selalu imbau, hati-hati saat bakar sampah atau saat hendak membuang puntung rokok,” pesan Eno. (cep)

Berita Terkait