Akhir Tahun Ini Facebook Luncurkan WhatsApp Pay

WhatsApp Pay
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

SAN FRANSISCO – Facebook siap meluncurkan layanan WhatsApp Pay pada akhir tahun ini, yang bisa digunakan para pengguna WhatsApp untuk melakukan pembayaran.

WhatsApp Global Head, Will Cathcart mengatakan, layanan itu akan diuji coba terlebih dahulu di India. Di negara itu, WhatsApp memiliki pengguna hingga 400 juta orang.

Menurutnya, uji coba sebenarnya sempat diterapkan secara terbatas sejak tahun lalu untuk jutaan pengguna. Dia menjamin, layanan ini akan mengirim uang semudah mengirim pesan WhatsApp.

“Kami percaya jika ini berjalan dengan baik, akan semakin mempercepat inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Kami tidak sabar menyediakan layanan ini kepada lebih banyak pengguna di India pada akhir tahun,” kata dia, dilansir Business Today India, Sabtu (27/7).

Di India, WhatsApp akan berkompetisi dengan platform pembayaran digital yang sudah ada seperti Paytm, PhonePe, dan GooglePay.

Rencana Facebook untuk menghadirkan platform pembayaran digital di India terlihat saat cetak biru rencana perusahaan terkuak. WhatsApp terus berupaya memperbaiki sistem keamanan mengingat aplikasi ini dipakai ratusan juta bahkan miliaran orang.

Dikenal sebagai perusahaan media sosial, Facebook cukup gencar merambah bisnis sistem pembayaran. Selain WhatsApp Pay, Facebook belum lama ini meluncurkan Libra. Mata uang kripto itu digadang-gadang bakal beroperasi secara global. (der/rts/fin)

Berita Terkait