46 Warga Majalengka Keracunan Massal

MAJALENGKA – Sebanyak 46 orang di wilayah Rajagaluh keracunan massal, Rabu (18/9). Mereka langsung dilarikan ke Puskesmas Rajagaluh guna menjalani pemeriksaan intensif.

Kepala Puskesmas Rajagaluh, Ii Hambali, menyebutkan, dari 46 orang yang mendapatkan perawatan intensif oleh tim dokter sebanyak 31 orang harus menjalani perawatan. Sementara 15 orang lainnya di antaranya diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik.

Umumnya mereka mengalami mual dan muntah-muntah setelah mengonsumsi makanan jenis karbohidrat saat pagi hari yang dibeli di Jalan Rajagaluh-Kumbung.

“Berdasarkan informasi dari puluhan korban yang dirawat, mereka (pasien) mengaku telah mengonsumsi makanan di antaranya soto, nasi kuning, dan nasi uduk. Jadi kemungkinan mereka habis sarapan. Karena keluhan pasien yang datang bervariasi saat mengonsumsinya,” jelas Ii, kepada Radar Majalengka.

Ii mengatakan, dari total 46 pasien, 7 orang merupakan anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Adapun sisanya notabene orang dewasa. Hingga berita INI ditulis, para korban masih dijaga intensif dengan menempatkan tim dokter guna menangani pemeriksaan medis lebih lanjut. Beruntung, tidak ada pasien yang dirujuk ke rumah sakit.

“Jika keadaan umum terus membaik, maka kita perbolehkan pulang. Mereka mulai masuk dirawat sekitar pukul 09.30 WIB,” imbuhnya. (ono)

Berita Terkait