4 Kiat Memilih Kursi Kereta Api yang Membuat Perjalanan Jadi Menyenangkan

(source: media.travelingyuk.com)

Melakukan perjalanan dengan kereta api kini semakin baik dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu. Salah satu transportasi umum favorit masyarakat ini dulunya dikenal sering datang terlambat, penumpangnya tidak tertib, banyak pedagang-pedagang yang bisa seenaknya saja masuk ke dalam gerbong hingga berebut kursi dengan penumpang lain.

Namun, perubahan demi perubahan dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia dalam memberikan kenyamanan kepada setiap penumpang yang akan berangkat dengan transportasi ini.

Saat ini PT KAI sudah memiliki jadwal keberangkatan dan jam kedatangan yang tepat waktu meskipun memiliki jadwal yang bervariasi. Hebatnya lagi, semua ini berlaku untuk berbagai pilihan kereta seperti kelas ekonomi, bisnis dan tentu saja eksekutif.

Hal ini terlihat dari hampir semua rangkaian kereta jarak jauh yang disediakan oleh PT KAI. Kereta kelas ekonomi dan bisnis yang dulunya hanya dilengkapi dengan kipas angin kini sudah diganti dengan kehadiran Air Conditioner atau AC.

Bahkan kursi-kursi penumpang pun kini dibuat lebih nyaman untuk ditempat bagi penumpang. Namun, kita tentu saja harus memilih tempat duduk yang sangat nyaman dan pas agar perjalanan menjadi terasa lebih menyenangkan.

Untuk memilih tempat duduk yang nyaman pun kini jadi lebih mudah. Setiap calon penumpang yang akan berangkat kini bisa memesan sendiri kursi perjalanan melalui situs partner PT KAI seperti Traveloka.

(source:penumpang.kai.id)

Lalu, apa saja ya tips yang sebaiknya disiapkan agar mendapatkan kursi duduk yang nyaman saat menggunakan alat transportasi yang satu ini?

Berikut ada 7 tips yang bisa Kamu terapkan ketika akan memilih kursi di dalam gerbong kereta api agar mendapatkan kursi yang nyaman sepanjang perjalanan.

  1. Berangkat pagi, pilih kursi di dekat jendela

Berbagai macam tujuan perjalanan dengan kereta bisa dipilih berdasarkan waktu yang disediakan oleh PT KAI. Nah, jika kita memilih berangkat di pagi atau siang hari pilihlah kursi yang dekat dengan jendela.

Alasannya adalah jika kita berangkat di waktu pagi atau siang hari dan memilih kursi yang dekat dengan jendela adalah kita dapat melihat langsung pemandangan mengesankan sepanjang perjalanan.

Mulai dari tebing, bukit, hingga sawah dan hamparan sungai akan tersaji selama perjalanan. Jangan lupa, abadikan momen ini dengan kamera saat perjalanan nanti. .

  1. Pastikan kenyamanan kaki menjadi pilihan

Ruang untuk kaki saat memilih kursi di kereta kelas eksekutif tentunya bukannya menjadi masalah. Namun, bagi sebagian wisatawan yang memilih berangkat dengan kereta kelas bisnis atau ekonomi tentunya membutuhkan beberapa pertimbangan agar posisi kak jadi lebih nyaman.

Oleh karena itu, jika kita berangkat dengan menggunakan kereta kelas bisnis atau ekonomi, pastikan memilih kursi yang menghadap ke dinding bordes.

Kursi ini biasanya berada di paling belakang atau depan sebuah gerbong. Jangan khawatir, karena bordes yang dikenal sangat berisik dan dekat dengan toilet tidak akan menganggu kenyamanan kita lagi.

(source:penumpang.kai.id)

Sistem baru tentang kenyamanan penumpang sudah diatur oleh PT KAI, dimana menganjurkan siapa saja yang membuka pintu bordes yang menuju atau sesudah dari toilet wajib untuk menutup kembali pintu tersebut rapat-rapat.

  1. Hindari memilih gerbong yang dekat dengan lokomotif

Memilih kursi untuk dapat menikmati perjalanan dengan menggunakan kereta kini memang sudah bisa dilihat langsung lengkap dengan posisi gerbong.

Nah, salah satu tip untuk memilih kursi yang nyaman selama perjalanan adalah dengan tidak memiih yang berada dekat dengan gerbong lokomotif serta gerbong makan.

Dua gerbong ini kerap mengeluarkan suara-suara yang bisa saja menganggu kenyamanan kita saat melakukan perjalanan. Jadi, selain akan memilih kursi, pastikan juga untuk memperhatikan dengan cermat bagian gerbongnya ya.

  1. Pilih tempat duduk terbaik untuk hindari goncangan

Melakukan perjalanan dengan kereta api tidak jarang membuat setiap penumpang merasakan goncangan-goncangan kecil.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi saat kita melakukan perjalanan, pesanlah kursi yang berada di tengah-tengah salah satu gerbong. Selain lokasinya yang jauh dari bagian depan atau belakang gerbong, rata-rata di bagian tengah ini ruang antara kursi dengan kursi lainnya cukup lega.

Setidaknya kursi ini tidak akan membuat kaki menjadi terasa terlalu penat selama perjalanan. (*)

Berita Terkait