28 Kecamatan di Kabupaten Cirebon Belum Lunas PBB

PBB
ILUSTRASI-PBB

CIREBON – Meski sudah di penghujung akhir tahun 2019, tetapi masih banyak kecamatan di Kabupaten Cirebon yang belum melunasi pajak bumi bangunan (PBB).

Hal itu diketahui setelah Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cirebon, merilis desa dan kecamatan di daerah ini yang sudah dan belum lunas membayar PBB tahun 2019. Tercatat, dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon, hanya 12 kecamatan saja yang sudah lunas PBB. Sementara, 28 kecamatan lainnya belum lunas.

Kepala Bappenda Kabupaten Cirebon, Drs Erus Rusmana MSi mengatakan, pada tahun 2019 ini ada penurunan potensi pajak bumi dan bangunan di daerahnya. Namun, Erus masih berbangga karena capaian target perolehan PBB sudah melebihi dari target yang telah ditetapkan.

Ia menyebutkan, pertanggal 4 Desember 2019, target PBB di tahun ini sudah tercapai. Bahkan, surplus sekitar Rp300 juta lebih. Namun, dari 40 kecamatan yang lunas PBB tahun ini ada penurunan.

“Kalau tahun lalu ada 16 kecamatan yang lunas PBB, tapi tahun sekarang hanya 12 kecamatan saja. Termasuk jumlah desa yang lunas, dari 424 desa atau kelurahan hanya 241 desa atau kelurahan yang sudah lunas PBB,” ungkap pria yang akrab disapa Iyus ini.

Menurutnya, menjelang akhir tahun ini, diharapkan bagi desa-desa yang belum melunasi untuk lebih mengoptimalkan perolehan PBB-nya. Karena pembangunan Kabupaten Cirebon, salah satunya ialah dari PBB. Artinya, kata Iyus, bagi desa yang belum lunas, segera melunasi PBB tersebut.

“Kita berharap meskipun sudah mencapai target, yang belum lunas segera untuk melunasi pajak PBB-nya,” imbaunya.

Iyus menduga, salah satu faktor kendala capaian baik desa maupun kecamatan banyak yang belum lunas, karena faktor Pemilu dan Pilwu serentak yang bisa mempengaruhi dinamika masyarakat. Tapi, ujarnya, ada juga desa yang ikut dalam konstelasi tersebut malah justru lunas.

“Jadi memang tidak bisa digeneralisir. Semoga di kesempatan waktu yang tersisa desa dan kecamatan dapat melunasi PBB,” ujarnya.

Berdasarkan data yang ada, 12 kecamatan yang telah lunas PBB yakni Kecamatan Dukupuntang, Ciwaringin, Beber, Gegesik, Susukan Lebak, Waled, Sedong, Babakan, Klangenan, Karangwareng, Pasaleman dan Pabuaran. (via)

Berita Terkait