25 Peserta Masuk Semifinal Kontes Bintang Cirebon Katon

SEMANGAT: Kepala Disbudparpora beserta jajarannya foto bersama dengan para peserta yang lolos audisi Kontes Bintang Cirebon Katon. FOTO: ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

BERBAGAI cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon meningkatkan kelestarian kesenian lokal. Salah satunya, menggelar Audisi Kontes Bintang Cirebon Katon, selama dua hari, Senin-Selasa (14-15/10). Tempatnya, di depan Museum Pangeran Cakrabuana Disbudparpora Kabupaten Cirebon.

Puluhan pelajar tingkat SMP se-Kabupaten Cirebon antusias mengikuti audisi Kontes Bintang Cirebon Katon yang digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon. Masing-masing peserta menampilkan performa terbaik mereka. Dari 54 peserta, hanya 25 orang yang masuk semifinal.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon H Hartono MM mengatakan, Kontes Bintang Cirebon Katon ini pesertanya terbatas, khusus untuk pelajar. Adapun tujuan diadakan acara tersebut, selain untuk menyosialisasikan tagline baru Cirebon Katon, kegiatan ini pun untuk menjaring wisatawan.

“Sebagai bentuk pelestarian kesenian dan budaya, kontes ini pun diikuti puluhan pelajar berbakat dari berbagai SMP se-Kabupaten Cirebon,” ujar Hartono kepada Radar Cirebon, kemarin (15/10).

Menurutnya, semua peserta tampil dan menyanyikan lagu berjudul Cirebon Katon. Dengan iringan musik, para peserta nampak tampil secara maksimal dalam membawakan lagu. “Harapan kami, dengan momentum ini menjadi ajang pembelajaran tentang seni dan budaya Cirebon yang jarang tersentuh pelajar,” terangnya.

Dia menjelaskan, mereka yang lolos audisi, nantinya akan masuk ke semifinal sampai grand final yang akan digelar di Radar Cirebon Televisi (RCTV).  Untuk semifinal, waktunya akan digelar pada 21 sampai 25 Oktober mendatang.

Sementara grand final, akan dilangsungkan di malam Minggu, tepatnya tanggal 26 Oktober.  Dia menambahkan, jika dilihat dari audisi para peserta mempunyai bakat yang sangat bagus. Namun, lagi-lagi semua itu tetap ditentukan oleh dewan juri. “Semuanya bagus. Tapi dewan juri yang akan menilai untuk mencari yang terbaik,” pungkasnya. (sam/adv)

Berita Terkait